}
10 Hantaman Meteor Terbesar di Dunia
Fakta

10 Hantaman Meteor Terbesar di Dunia

by Yogira
Wed, 18-Nov-2015

Kejatuhan benda luar angkasa ke bumi adalah hal yang paling ditakutkan umat manusia. Misalnya jatuhnya meteor dengan ukuran besar, yang bisa merusak peradaban dunia.

Sejak zaman dulu meteor sudah sering jatuh ke bumi sehingga membentuk kawah atau danau. Nah, berikut adalah 10 tempat terbesar hantaman meteor.

#10. Barringer Crater, Arizona, USA

Meteor jatuh di kawasan ini 50 ribu tahun lalu. Ukurannya sekitar 160 diameter kaki. Ledakannya 150 kali lebih kuat ketimbang bom Hiroshima.

#9. Lake Bosumtwi Crater, Ghana

Meteor jatuh di daerah ini 1,3 juta tahun lalu, hingga terbentuklah kawah besar. Namun daerah ini sulit dijangkau karena ada suku Ashanti, yang mengeramatkan kawah ini.

#8. Mistastin Lake, Labrador, Canada

Danau ini tercipta dari hantaman meteor yang jatuh ke bumi 38 juta tahun lalu. Dulu danau ini lebih luas daripada ukuran sekarang ini.

#7. Gosses Bluff, Northern Territory, Australia

 Kawah ini bekas jatuhnya asteroid sekitar 142 tahun lalu. Berukuran 15 mil diameter, bentuk kawah ini termasuk lokasi yang indah di Australia.

#6. Clearwater Lakes, Quebec, Canada

Dua danau ini tercipta sekitar 290 juta tahun lalu. Airnya sangat dingin karena dulu pernah terkena erosi gunung es.

#5. The Tunguska Explosion, Siberia, Rusia

Lokasi ini dianggap kontroversial. Ada yang bilang, bekas hantaman meteor, ada juga yang bilang dampak dari kejatuhan serpihan komet 105 tahun lalu.

#4. Manicouagan Crater, Canada

Kawah ini dinamai juga “Eye of Quebec, usianya sekitar 212 juta, tercipta karena hantaman asteroid dengan lebar 3 mil.

#3. Sudbury Basin, Ontario, Canada