}
5 Fakta Aneh Tentang Hujan
Fakta

5 Fakta Aneh Tentang Hujan

by Pohan
Thu, 19-Nov-2015

Hujan jadi alasan orang Portugal tidak pergi bekerja. Sementara orang yang tinggal di Uganda tidak takut guntur karena hujan disertai badai datang sekitar 250 kali dalam setahun. Inilah 5 fakta yang aneh lainnya tentang hujan:

1. Hujan malah jarang turun di Antartika yang berlimpah es, bukan di gurun. Maklum, Antartika hanya mendapatkan curah hujan atau salju 6,5 inci per tahun.

2. Hujan tidak selalu membuat tanah jadi basah karena di tempat yang kering dan panas, hujan menguap sebelum menyentuh tanah. Seorang aktivis lingkungan, Edward Abbey menyebutnya phantom rain, "You see curtains of rain dangling in the sky while the living things wither below for want of water. Torture by tantalizing, hope without fulfillment. Then the clouds dissipate into nothingness."

3. Tidak semua hujan terbuat dari air. Hujan terbuat dari asam sulfat atau metana di Venus, bulan dan planet lainnya. Bahkan para ilmuwan pernah menemukan tetesan air hujan terbuat dari besi.

4. Menghindari hujan dengan cara berlari bisa membuat badan kamu lebih kering daripada berjalan. Lihat penjelasan ilmiahnya di sini.

5. Bentuk dan warna awan bisa membantu memprediksi hujan. Jika melihat cumulonimbus, awannya tinggi, bergumul serta nampak rata di atasnya, itulah salah satu pertandanya. Selain itu ada juga awan nimbostratus yang berwarna abu-abu, rendah, dan datar. Kedua awan tersebut menunjukkan akan turun hujan dalam perkiraan waktu 24 jam. [][teks @pohanpow/rd.com | foto berbagai sumber]