}
Fakta Menarik tentang Tubuh Manusia
Fakta

Fakta Menarik tentang Tubuh Manusia

by Hagi
Mon, 30-Nov-2015

Dalam kitab suci, manusia disebut sebagai makhluk paling sempurna. Ada apa saja di balik kesempurnaan itu? Yuk kita telisik satu per satu.

1. Rata-rata manusia memproduksi air liur yang bisa mengisi dua kolam renang sepanjang hidupnya. Yuck!

2. Sebagian besar bayi lahir dengan pupil mata biru. Paparan sinar matahari dan melanin kemudian akan menampilkan warna sebenarnya.

3. Kecuali orang yang kembar identik, setiap manusia di dunia ini punya aroma yang unik. Hmmm, smell smell..

4. Otak manusia amat boros karena menyerap 20% oksigen dan asupan kalori dari tubuh.

5. Untuk merasakan sesuatu, air liur harus bisa melarutkan benda itu. Kalo nggak percaya, coba deh, keringin lidah sebelum makan permen kesukaanmu.

6. Tulang kita amat kuat. Sangat kuat. Bayangkan tulang manusia seukuran kotak korek api akan kuat menahan bobot 9 ton, empat kali lipat kekuatan beton.

7. Dalam 60 detik, jika kita bisa membonceng salah satu sel darah kita, dia akan mengantarkan kita dalam putaran sempurna sirkulasi darah di dalam tubuh.

8. Manusia adalah makhluk visual, karena hampir 90% dari informasi yang kita terima tentang lingkungan berasal dari mata.

9. Rata-rata, pria menghasilkan sekitar 10 juta sperma baru setiap hari. Jumlah itu cukup untuk kembali mengisi populasi di bumi dalam waktu 6 bulan.

10. Untuk tumbuh dari pangkal sampai ke ujung, kuku jari dan kaki manusia perlu waktu setengah tahun.

11. Asam lambung sanggup melarutkan seng, tapi tidak dengan dinding lambung, karena sel-sel perut lebih cepat diperbarui ketimbang kerja asam.

12. Dalam masing-masing ginjal ada 1 juta filter yang membersihkan sekitar 1,3 liter darah setiap menit dan mendorong keluar 1,5 liter urine sehari-hari.

13. Sepanjang hidupnya, orang Barat rata-rata mengonsumsi 50 ton makanan dan 50.000 liter cairan.

14. Tubuh manusia amat panas. Saking panasnya, dalam 30 menit, tubuh dapat menghasilkan panas yang cukup untuk merebus setengah galon air.

15. Kadang, orang lain bisa mengetahui kapan kita harus ke kamar kecil, karena sebenarnya, kandung kemih yang penuh akan terlihat lebih besar.

16. Ovarium wanita memiliki lebih dari setengah juta telur, tetapi hanya sekitar 400 telur akan mendapatkan kesempatan untuk menciptakan kehidupan.

17. Untuk bisa fokus, otot mata manusia akan berkontraksi 100.000 kali dari matahari terbit sampai terbenam. Ini setara dengan jalan kaki sejauh 50 mil.

18. Ada 300 juta saluran kapiler dalam paru-paru, yang jika dibentangkan, akan mencapai 1.500 mil, seperti jarak Los Angeles ke Atlanta.

19. Ada sekitar setengah juta kelenjar keringat di kaki Anda yang dapat menghasilkan sampai setengah liter keringat setiap hari.

20. Pada saat tidur di malam hari, tubuh akan memendek 1 cm daripada ketika Anda bangun pagi karena tulang rawan dikompresi sepanjang hari.

21. Kita tidak dapat menggelitik diri sendiri. Sudah, sudah, nggak usah dicoba. [][teks @evaevilia/list25.com | foto livescience.com, new.homeschoolmarketplace.com]