}
Rahasia Ninjutsu Ninja
Fakta

Rahasia Ninjutsu Ninja

by Yogira
Tue, 07-Apr-2015

Ninja, sebuah nama yang takkan lekang sepanjang masa. Ya, Ninja memang legenda dari Negeri Sakura.

Ninja disebut juga Shinobi, yang artinya “seseorang yang bergerak secara rahasia". Pada zaman feodal di Jepang, Ninja lebih dikenal sebagai pasukan mata-mata yang terlatih, baik secara fisik, maupun mental. Keahlian utamanya bukanlah membunuh, melainkan menyusup, tanpa suara, bahkan bisa menghilang.

Begitu legendarisnya Ninja seantero dunia, sudah banyak orang mengabadikannya dalam karya film, lukisan, sastra, maupun pernik-pernik, dan aksesoris. Lantas, apa yang membuat Ninja demikian melegenda?

Mungkin takkan ada Ninja kalau tanpa ada Ninjutsu. Ninja sudah mendarah daging dengan Ninjutsu, yakni semacam ajaran dan falsafah yang eksis secara turun temurun sejak zaman Samurai kuno di Jepang.

Sebenarnya, Ninjutsu adalah seni beladiri, strategi, dan taktik bagi prajurit Jepang zaman dulu. Namun, seiring perkembangan zaman, Ninjutsu jadi ajaran untuk pengolahan fisik dan jiwa. Dengan demikian, semula Ninjutsu sekadar teknik menyusup secara rahasia, akhirnya jadi prinsip bagi orang yang menjalaninya untuk memperoleh ketahanan dalam menjalani hidup yang keras.

Ada beberapa alasan orang dari berbagai negara datang ke Jepang untuk belajar Ninjutsu, antara lain:

  • Ninjutsu adalah beladiri legendaris khas Jepang, yang mengutamakan tendangan, lemparan, patahan, serangan, dan teknik pertahanan diri serta meloloskan diri.
  • Ninjutsu punya kelebihan daripada beladiri lain karena dalam ajarannya ada teknik spionase, sabotase, serta menjatuhkan mental lawan.
  • Orang yang ingin belajar Ninjutsu bisa belajar beberapa teknik beladiri yang unik, yakni teknik ketangkasan dan kecepatan bertarung [Taijutsu], teknik pedang [Kenjutsu], teknik bahan peledak dan senjata api [Kajutsu], teknik hipnotis [Saimonjutsu], dan teknik ilusi [Genjutsu]. Sebagai tambahan, ada juga pelatihan olah-energi, yang disebut Kuji Kiri.
  • Dalam ajaran Ninjutsu, ada pelajaran untuk mengaktifkan indra keenam dengan memadukan intuisi dan kekuatan fisik.
  • Ninjutsu mengungkap 9 simbol kekuatan utama dari 81 simbol dalam kehidupan semesta, yang sangat berguna mencapai kemanusiaan sejati. Adapun 9 simbol itu adalah: Rin [memperkuat tubuh], Hei [daya kekuatan menyamarkan kehadiran seseorang], Toh [menyeimbangkan bagian padat dan cair pada tubuh], Sha [kemampuan menyembuhkan], Kai [memberi kontrol menyeluruh terhadap fungsi tubuh], Jin [meningkatkan kekuatan telepati], retsu [memberi kekuatan telekinetik], Zai [meningkatkan keselarasan terhadap alam], dan zen [mencerahkan pikiran dan pemahaman].

Demikianlah beberapa rahasia menarik dari ajaran Ninjutsu yang membuat banyak orang penasaran ingin mempelajarinya. Sejak tahun 1960 televisi Jepang memperkenalkan Ninjutsu secara internasional. Ternyata, publikasi ini menarik perhatian Stephen K Hayes untuk memopulerkannya di Amerika sejak tahun 1978. Akhirnya, Ninjutsu pun jadi cabang beladiri yang banyak penggemarnya di negeri Paman Sam itu. [][teks yofirza/berbagai sumber | foto rocketnews24.com, genius.com]