}
Mistletoe, Terkenal Pas Hari Natal
Fakta

Mistletoe, Terkenal Pas Hari Natal

by Yogira
Fri, 25-Dec-2015

Apa itu Mistletoe? Umat Nasrani yang merayakan Natal pasti mengenalnya. Yup, Mistletoe adalah pohon yang digunakan untuk menyambut hari Natal.

Belum ada pengakuan resmi asal mula nama pohon ini. Ada yang menyebut mistletoe berasal dari bahasa Jerman, “mist” [kotoran hewan]. Menurut bahasa Inggris Kuno, yakni “mistel”---nama lain dari tanaman basil. Mistletoe termasuk tumbuhan parasit, termasuk ordo Santales.

Dulu petani di Eropa menganggap mistletoe sebagai hama pembunuh pohon karena sifat parasitnya. Namun kini, tumbuhan ini dinilai penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Banyak binatang memakan buah, daun, hingga tunas mistletoe, lalu menyebarkan biji-bijinya, yang melekat di mana-mana.

Di Eropa pun, mistletoe termasuk sering dipakai oleh para ahli pengobatan tradisional. Di Jerman, misalnya, tumbuhan ini bisa mengobati penyakit pernapasan dan kanker. Mistletoe sejauh ini diteliti untuk pengobatan tumor.

Tak hanya dikenal di dunia pengobatan, mistletoe juga berhubungan dengan mitologi Norse, yang menyebutkan bahwa dewa bernama Balder, yang tewas tertusuk duri mistletoe. Sedangkan dalam mitologi Kelt dan ritual kepercayaan Druid, tumbuhan ini bisa dipakai sebagai penawar racun. Lain lagi di Rumania, mistletoe dipercaya sebagai sumber nasib baik. Menurut tradisi orang Rumania di pedalaman, tanaman tersebut dianggap memiliki kekuatan sihir yang bisa menyembuhkan penyakit. 

Mungkin karena alasan manfaat dan mitologinya, mistletoe menjadi bagian tradisi budaya Barat dalam merayakan hari Natal. Apalagi, pohon berdaun hijau ini pertumbuhnnya bagus ketika musim dingin. Maka tak heran, tanaman ini seringkali dipakai menghias rumah, juga pernik-pernik pohon dalam perayaan Natal.

Orang yang merayakan Natal di Eropa dan Amerika biasanya menjalani tradisi menghiasi rumah dengan menggantungkan rangkaian  mistletoe di depan rumah. Ada pula orang yang percaya pada tradisi bahwa siapapun yang berdiri dengan gantungan mistletoe tersebut seharusnya mencium orang yang disayanginya. [][teks @firza/berbagai sumber | foto svdpruskin, bobvilla.com]