}
Bungkus Nasi Padang yang Selalu Padat
Fakta

Bungkus Nasi Padang yang Selalu Padat

by Pandu
Fri, 10-Apr-2015

Pernah sadar nggak, Nasi Padang yang dibungkus itu jauh lebih banyak ketimbang makan di tempat. Terus, pas kamu membukanya, jadi terheran-heran, ini kenapa lebih banyak sih kalau dibungkus?

Begini ceritanya: ketika zaman penjajahan, Nasi Padang cuma bisa dinikmati di restoran oleh kelas menengah atas. Sementara kaum papa cuma bisa memakannya dengan cara dibungkus.

Sudah sejak dulu, orang Belanda menyukai masakan Nusantara karena cita rasanya kuat berkat rempah yang berlimpah. Belum lagi proses memasak yang lama, bikin bumbunya meresap sampai ke dalam. Gurih!

Nah, para pekerja bawah tak dibolehkan makan di restoran Padang. Maklum, saat itu derajat para bangsawan menolak disamakan. Sebagai bentuk solidaritas terhadap kaum pinggiran, para pedagang selalu memberi porsi lebih banyak untuk yang dibungkus.

Selain itu, nasi dalam jumlah yang lebih banyak akan membuat bungkusannya lebih indah dilihat. Alhasil, kebiasaan itu terbawa sampai sekarang. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto istimewa]