}
Mengenal Sianida
Fakta

Mengenal Sianida

by Dedi
Mon, 18-Jan-2016

Sianida adalah bahan kimia mematikan yang berbentuk gas [hidrogen sianida dan sianogen klorida] atau kristal [sodium sianida dan potasium sianida]. Sianida biasanya diproduksi secara alami oleh bakteri, jamur dan ganggang, tetapi sianida juga ditemukan pada asap rokok, asap kendaraan bermotor, bahan industri, dan pertambangan. 

Singkong menghasilkan glikosida sianogenik yang tidak beracun, tapi enzimatik dalam tubuh manusia, mengurainya menjadi hidrogen sianida yang sangat beracun.

Selain singkong ada buah atau sayuran yang mengandung sianida seperti kentang, tomat, jamur, dan buah cherri namun dalam dosis yang sangat kecil. Tanaman-tanaman tersebut memproduksi sianida secara alami sebagai bentuk dari perlindungan diri dari para herbivora.

Sianida dimanfaatkan pada industri logam, industri bahan kimia sintesis sampai ke bidang pertambangan untuk mengekstraksi emas dan perak.

Racun sianida dapat memasuki tubuh kita melalui sistem pernapasan atau pencernaan dan didistribusikan ke seluruh bagian tubuh melalui darah. Sianida yang masuk ke dalam tubuh akan menghambat kinerja sel dengan mengganggu penggunaan oksigen dan menyebabkan kematian sel dan pada dosis tertentu, sianida dapat menyebabkan kematian dalam waktu kurang dari 15 menit akibat tubuh yang kekurangan oksigen.

Gejala keracunan sianida mulai dari rasa nyeri pada kepala, mual muntah, sesak nafas, dada berdebar, selalu berkeringat sampai korban kehilangan kesadarani. Dalam konsentrasi rendah, efek dari sianida baru muncul sekitar 15-30 menit kemudian dan masih bisa diselamatkan dengan pemberian antidotum atau penawar racun. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto followthelemurs.com]