}
Fakta Seputar Olimpiade
Fakta

Fakta Seputar Olimpiade

by Dewi
Sat, 27-Feb-2016

Bersiaplah untuk menyaksikan pesta olahraga dunia Olimpiade ke-31 yang akan diselenggarakan di Rio de Janeiro, Brazil, 5-21 Agustus 2016. Terdiri dari Summer Olympic [Olimpiade Musim Panas] dan Paralympic Games [Pertandingan bagi Para Disabilitas]. Yang mampu boleh beli tiket untuk menyaksikan langsung pertandingan pilihan kamu. Kalo nggak, ya bisa nikmati pertandingan-pertandingannya di layar teve.

Sebelum kamu mulai merasakan euphoria pesta olahraga dunia ini, nggak ada salahnya untuk tau beberapa fakta keren tentang Olimpiade berikut ini:

» Pada Olimpiade tahun 1928, Henry Pearce, atlet dayung, berhenti di tengah lomba untuk membiarkan sekelompok bebek melintas di jalurnya. Setelah itu ia melanjutkan pertandingan dan meraih medali emas.

» Pada Olimpiade 2012, untuk pertama kalinya seluruh negara mengirimkan atlet wanita. Bahkan Amerika mengirim lebih banyak atlet wanita dibanding pria.

» Medali emas Olimpiade 92,5%-nya adalah perak. Standardnya memang untuk medali emas adalah lapisan emas seberat 6 gram.

» Petinju Muhammad Ali memberikan medali Olimpiade pertamanya kepada gurunya semasa SMA yang mengatakan “kamu pasti akan sukses”. Dan menurut kabar burung, Ali melemparkan satu medali lainnya ke Sungai Ohio.

» Warna biru, kuning, merah, hijau, dan hitam dipakai pada logo Olimpiade karena setiap bendera suatu negara pasti memiliki salah satu warna tersebut.

» Logo Olimpiade berupa cincin-cincin itu pertama kali muncul pada tahun 1913 di kop surat yang ditulis Pierre de Coubertin, pendiri Olimpiade modern. Pierre menggambarnya sendiri.

» Olimpiade ke-30 yang diselenggarakan di London pada tahun 2012 disponsori Durex. Perusahaan tersebut memberikan 150.000 kondom gratis bagi para atlet selama olimpiade berlangsung. Jadi satu orang atlet mendapat kurang lebih 15 buah.

» Olimpiade 1936 di Berlin, seorang atlet Amerika kulit hitam peraih medali emas, Jesse Owens, menerima ucapan selamat jabat tangan dari Adolf Hitler. Jesse mengantongi 4 medali emas untuk nomor sprint dan lompat jauh.

» Olahraga kriket pernah masuk dalam Olimpiade, tapi hanya sekali saja dipertandingkan yaitu pada tahun 1900 di Paris.

» Selama Olimpiade Musim Dingin yang diselenggarakan di Sochi, Rusia pada tahun 2014, warga Rusia bisa mendapatkan tiket kereta gratis bila mereka melakukan squat sebanyak 30 kali di depan sebuah mesin yang terletak di Stasiun Vystavochnaya.

» Trampolin juga masuk dalam Olimpiade, termasuk dalam cabang olahraga senam.

» Tim hoki Olimpiade wanita Amerika dalam persiapannya berlatih melawan tim hoki pria sebuah SMA.

» Pemegang medali terbanyak untuk Olimpiade Musim Dingin adalah Bjorn Dahlie, atlet ski cross-country dari Norwegia. Dia meraih 12 medali dan dijuluki “The King of Biathlon”.

» Sebelumnya, ada tiga benua yang belum pernah menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade, yaitu Afrika, Amerika Selatan, dan Antartika. Tapi karena tahun ini olimpiade diadakan di Brazil [Amerika Selatan], maka tinggal dua benua yang belum pernah menjadi tuan rumah.

» Pesta olahraga Olimpiade 2016 akan diikuti 10.500 atlet dari 206 negara.

» Pengumpul medali terbanyak untuk Olimpiade Musim Panas adalah Amerika Serikat [2.189]. Sedangkan untuk Olimpiade Musim Dingin adalah Norwegia [263].

» Hingga tahun 1994, Olimpiade diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Setelah itu penyelenggaraan menjadi dua tahun sekali, bergantian antara Summer dan Winter Games.

» Olimpiade pertama yang disiarkan oleh televisi Amerika Serikat adalah Olimpiade Musim Panas tahun 1960 di Roma.

» Pada masa Yunani kuno, semua atlet pria yang bertanding dalam Olimpiade tak berpakaian, alias bugil. [][teks @tantedow/bestpictureblog | foto bestpictureblog & dailymail.co.uk]