}
Boyz II Men
Fakta

Boyz II Men

by Dewi
Tue, 29-Mar-2016

Kamu fans berat Boyz II Men? Sudah dengar kabar mereka akan gelar konser di tiga kota Indonesia bulan Agustus nanti? Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. Nah, sambil mulai ancang-ancang menabung untuk beli tiket konser, yuk kita inget-inget lagi fakta seru tentang mereka..

Awalnya mereka dikenal dengan nama Unique Attraction saat masih bersekolah di Philadelphia High School of Creative & Performing Arts [1985]. Anggotanya terdiri dari Nathan Morris, Marc Nelson, George Baldi, Jon Shoats, Marguerite Walker, dan Wanya Morris. Tahun 1988 Baldi, Shoats, dan Walker lulus, dan mereka pun keluar dari grup. Kemudian posisi mereka diisi oleh Shawn Stockman dan Michael McCary.  

Nama Boyz II Men diambil dari salah satu lagu milik grup New Edition yang berjudul "Boys to Men".

Formasi awal Boyz II Men: Nathan Morris, Marc Nelson, Wanya Morris, Shawn Stockman, dan Michael McCary. Tapi kemudian Marc keluar karena perselisihan.

Boyz II Men bergabung dengan Motown pada Maret 1990 dan diproduseri Michael Bivins, salah satu personel New Edition. Album pertama Boyz II Men berjudul Cooleyhighharmony [1991]. Nama itu diambil dari judul sebuah film layar lebar yang dibuat pada tahun 1975, Cooley High. Di catatan pada albumnya, mereka masing-masing ditandai dengan nickname, alasan sang produser supaya lebih menjual. Wanya “squirt”. Shawn “slim”. Michael “bass”. Nathan “alex vanderpool”, diambil dari satu tokoh opera sabun yang terkenal nerdy.

Boyz II Men tak pernah tampil dalam film layar lebar. Tapi untuk program teve, mereka cukup sering tampil. Antara lain David Letterman, serial Fresh Prince of Bell Air, Good Morning America, Saturday Night Live, dan New York Undercover.  

Tahun 1992 Boyz II Men menjadi opening act untuk tour Mc Hammer - 2 Legit 2 QuitSaat mereka sedang dalam perjalanan tour itu, Khalil Roundtree [tour manager mereka] tewas terbunuh. Dalam penampilan berikutnya mereka mendedikasikan lagu "It's So Hard To Say Goodbye To Yesterday" untuk Khalil.

Single “End of The Road” turut ditulis dan diproduseri penyanyi R&B Kenneth "Babyface" Edmonds. Lagu itu dibuat untuk soundtrack film Boomerang [1992] yang dibintangi Eddie Murphy. “End of The Road” menduduki posisi puncak Billboard Hot 100 dan bertahan selama 13 minggu!

Boyz II Men merilis album kedua berjudul II [1994]. Di AS saja, album itu terjual lebih dari 12 juta copy. Lagu-lagu dalam album II yang kemudian menjadi big hits adalah “On Bended Knee”, “I’ll Make Love To You”, dan “Water Runs Dry”.

Mereka meraih Grammy Awards [1995] untuk kategori Best R&B Album [Album II] dan Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals [Lagu "I'll Make Love To You"].  

Boyz II Men meninggalkan Motown setelah label tersebut mengeluarkan album kompilasi yang tidak pernah mereka setujui. Menurut mereka lagu-lagu di dalamnya tidak mewakili karya terbaik mereka.

Full Circle adalah album terakhir mereka berempat. 30 Januari 2003 Michael McCary mengundurkan diri karena penyakit scoliosis yang dideritanya. Total album Boyz II Men ada 11. Sebelum tiba saatnya nonton konser mereka, refresh kembali ingatanmu, hafalkan semua liriknya, supaya bisa nyanyi bareng! [][teks @tantedow/wikipedia & miamisci.org | foto fanart.tv & chumashcasino.com]