}
Bahaya Laser Hijau
Fakta

Bahaya Laser Hijau

by Dedi
Tue, 29-Mar-2016

Laser pointer hijau sedang ngetren belakangan ini. Dari pedagang kaki lima sampai pasar malam, laser pointer ini mudah dibeli seharga 100 sampai 200 ribu rupiah.


Dengan panjang gelombang sekitar 500nm, daya pancar laser hijau 50 kali lebih kuat dari laser merah yang panjang gelombangnya sekitar 600nm. Laser hijau juga mempunyai jangkauan 5 sampai 10 kilometer, selain itu pancaran cahayanya terlihat seperti garis hijau lurus, bukan berupa titik saja. 


Kehebatan laser hijau membuatnya disukai para pecinta astronomi [dapat digunakan untuk menujuk ke arah bintang tertentu] dan keren untuk presentasi di kantor. Tetapi bukan hanya itu saja, ternyata banyak juga hal membahayakan yang disebabkan laser berwarna hijau itu, dari sekadar hilangnya konsentrasi sampai yang membahayakan nyawa.

Masih ingat insiden supporter bola Malaysia yang menembakkan sinar laser hijau ke Kiper timnas Markus Horison pada piala AFF 2010 lalu?


Sedang di Inggris, Jonathan Marshall [7 tahun] mengalami kerusakan retina permanen setelah ia menembakkan matanya dengan laser hijau.

Mengarahkan laser ke arah pesawat terbang adalah sebuah tindakan kriminal karena membahayakan nyawa dari seluruh penumpangnya. Di California, AS, Danielson [35 tahun] dipidana 5 tahun dan denda US$ 25.000 karena menembakkan laser hijau ke sebuah pesawat terbang.

Pihak kepolisian dikabarkan akan melakukan razia pedagang kaki lima yang menjajakan laser hijau karena potensinya yang membahayakan, tetapi yang paling utama, jauhkanlah laser pointer Anda dari jangkauan anak dan pergunakanlah sesuai dengan peruntukkannya dan jangan disalah gunakan [][teks @dd_sarwono | foto beamq.com, htpow.com, viva.co.id]