}
Inilah Beda Anarkisme dengan Vandalisme
Fakta

Inilah Beda Anarkisme dengan Vandalisme

by Yogira
Mon, 04-Apr-2016

Masih banyak media massa yang salah kaprah menggunakan makna anarkisme. Mereka sering menilai anarkisme adalah tindak kekerasan yang dibarengi dengan pengrusakan.

Nah, agar pemakaian istilah anarkisme tidak keliru dan bisa dibedakan dengan istilah vandalisme, yuk kita telusuri asal usulnya, baik secara bahasa, maupun sejarahnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI], anarkisme adalah ajaran [paham] yang menentang setiap kekuatan negara; teori politik yang tidak menyukai adanya pemerintahan dan undang-undang.

Anarki: hal tidak adanya pemerintahan, undang-undang, peraturan, atau ketertiban;  kekacauan [dalam suatu negara].

Anarkis: penganjur [penganut] paham anarkisme; orang yang melakukan tindakan anarki.

Masih menurut KBBI, vandalisme: perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya:perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas.

Sedangkan pelaku vandalisme disebut vandalis dan tindakan merusak diistilahkan dengan kata vandal.

Anarkisme adalah paham/ideologi yang dikemukakan oleh Mikhael Bakunin [1814- 1876]. Bakunin adalah tokoh revolusioner asal Rusia, yang tinggal di Eropa Barat.

Bakunin adalah seorang anti komunis. Paham anarkismenya berseberangan dengan paham Karl Marx [marxisme sosialis].

Dia sering memimpin pemberontakan untuk menghilangkan pemerintahan yang otoriter saat itu. Dia melakukan itu atas dasar solidaritas demi kemandirian tanpa penindasan.

Sedangkan vandalisme bukanlah sebuah paham.  Vandalisme adalah sikap kebiasaan yang ditujukan kepada bangsa Vandal pada zaman Romawi Kuno.

Pada zaman itu, bangsa Vandal sering merusak secara kejam dan tak terpuji. Bahkan mereka tak segan menghancurkan karya seni dan alam sekitarnya.

Nah, dengan sedikit penjelasan tentang perbedaan antara anarkisme dan vandalisme, semoga kita lebih tepat lagi memahami dua istilah tersebut. [][teks @firza/berbagai sumber  | foto agamsterdam.org, architectboy.com]