}
Kenapa Kucing Belang Tiga Kebanyakan Betina?
Fakta

Kenapa Kucing Belang Tiga Kebanyakan Betina?

by Dedi
Thu, 14-Apr-2016

Kucing belang tiga nggak sebanyak kucing dengan warna lainnya dan kalaupun ada biasanya betina. Kenapa ya? Jawabannya sedikit ilmiah lho... Jadi adanya tiga warna di kucing ternyata ditentukan oleh faktor genetik!


Jadi terdapat kromosom X dan Y pada tiap makhluk. Jantan mempunyai kromosom XY sedangkan betina XX. Pada kucing, warna hitam dan oranye terdapat di kromosom X, sedangkan warna putih terdapat di bagian gen lainnya.


Kadang kucing betina dua kromosom X-nya menghasilkan 2 warna yang berbeda, hitam dan oranye. Dan dengan bagian gen lainnya menghasilkan warna putih, maka lahirlah kucing belang tiga.

Sedangkan kucing jantan yang hanya punya satu kromosom X cuma bisa menghasilkan warna putih dan hitam atau oranye saja.


Lalu adakah kucing jantan dengan belang tiga warna? Tentu saja ada, cuma sangat langka. Kucing jantan belang tiga warna disebabkan oleh adanya kelainan genetik dengan kemungkinan hanya 1 banding 3.000!

Kucing jantan yang mempunyai kromosom XXY karena kelainan genetik bisa mempunyai tiga warna, tetapi sayangnya kucing jantan belang tiga biasanya tidak bisa mempunyai keturunan. [][teks @dd_sarwono/eastbaytime.com | foto berbagai sumber]