}
Fakta Ikan Terbang
Fakta

Fakta Ikan Terbang

by Sherra
Sun, 24-Apr-2016

Ikan terbang adalah salah satu jenis yang paling menarik di antara ikan lainnya karena kemampuan melayang di udara. Ikan ini terdiri dari 40 spesies berbeda, yang  dapat ditemukan di seluruh samudra di dunia. Nah berikut adalah fakta-fakta ikan terbang.

1. Ikan terbang lebih suka di air tropis dan subtropis Atlantik, Pasifik dan Samudra Hindia. Ikan terbang paling banyak ditemukan di Laut Karibia.

2. Ikan terbang juga sering diburu oleh nelayan. Untungnya, jumlah mereka di alam liar masih stabil dan nggak terdaftar sebagai spesies terancam punah.

3. Ukuran ikan terbang tergantung dengan spesies. Biasanya berukuran 18 - 30 cm.

4. Ikan terbang yang berbentuk seperti torpedo, siripnya ditutup saat berenang agar bisa bergerak lebih cepat dalam air.

5. Sebelum muncul ke atas air, ikan terbang berakselerasi menuju permukaan dengan kecepatan 60 km per jam. Ketika kecepatan yang dibutuhkan tercapai, ikan terbang melompat keluar dari air dan melebarkan sayapnya.

6. Ikan terbang mampu mencapai ketinggian 1.2 meter di udara, dan meluncur sejauh 200 meter sebelum kembali kembali ke air.

7. Predator utama ikan terbang di antaranya ikan marlin, ikan tuna, ikan todak, ikan makarel dan tentunya manusia.

8. Ikan terbang sangat sensitif dan mudah tertarik oleh cahaya [nelayan menggunakan cahaya untuk memandu ikan terbang menuju kapal mereka]. Pemburuan ikan terbang biasanya pada malam hari. Saat ini tidak ada status perlindungan pada hewan tersebut.

9. Ikan terbang biasanya mengonsumsi plankton, bakteri dan makhluk laut kecil lainnya.

10. Rata-rata umur ikan terbang sekitar 5 tahun di alam liar. [][teks @saesherra/softschools.com | foto pexels.com/ Lindblad Expeditions-National Geographic]