}
Di Balik Imutnya Koala
Fakta

Di Balik Imutnya Koala

by Sherra
Fri, 13-May-2016

Koala merupakan hewan jenis marsupial seperti kangguru, dan bukan jenis beruang. Binatang asli Australia ini menggemaskan. Koala mirip dengan wombat [saudara terdekat mereka]. Simak fakta koala berikut ini.

1. Koala bertahan hidup dengan makan daun eukaliptus [kayu putih]. Mereka bisa mengonsumsinya sekitar setengah hingga satu kilogram dalam sehari. Tapi ini tergantung dari ukuran, jenis kelamin, dan tempat mereka hidup.

2. Koala tidak minum banyak air karena mereka mendapatkan sebagian besar kelembaban dari daun eukaliptus.

3. Kata "koala" berasal dari kata Aborigin kuno yang berarti "tidak ada minuman" karena mereka jarang pernah minum air; mereka mendapatkan 90 persen air dari daun kayu putih.

4. Eucalyptus adalah racun untuk hewan kebanyakan. Namun sistem pencernaan koala ini menciptakan bakteri yang dapat menonaktifkan racun.

5. Koala memiliki cakar tajam yang membantu dirinya memanjat pohon. Gigi mereka juga nggak kalah tajam.

6. Koala memiliki sidik jari yang mirip dengan manusia.

7. Koala memiliki hidung besar yang berwarna merah muda atau hitam.

8. Seekor bayi koala disebut 'joey'. Ketika lahir, ukurannya hanya sekitar 2 cm dan tanpa bulu.

9. Joey akan tumbuh di kantung induknya induknya selama 6 bulan. Kemudian naik di punggung atau menempel di perut di kantong induknya selama sekitar satu tahun.

10. Koala tidak dapat disimpan sebagai hewan peliharaan secara sah.

11. Koala tidur di sudut atau cabang pohon eukaliptus hingga 18-20 jam.

12. Koala sebagian besar aktif di malam hari. Hewan nokturnal bangun di malam hari dan tidur di siang hari. Namun kadang-kadang juga bergerak di siang hari.

13. Koala di bagian Selatan Australia [kiri] jauh lebih besar dan memiliki bulu tebal dari yang di Utara [kanan]. Ini dianggap adaptasi agar tetap hangat di musim dingin di bagian Selatan.