}
Plus Minus MSG
Fakta

Plus Minus MSG

by Pohan
Tue, 17-May-2016

Monosodium Glutamat [MSG] alias mecin atau vetsin adalah bumbu penguat rasa yang digunakan untuk memasak. Sebutan penyedap rasa dan mecin jelas tidak sama. Masing-masing punya karakter yang berbeda. Terasi dan bawang putih bisa menggantikan rasa yang kuat dari MSG. Inilah fakta MSG:

1. Glutamat adalah rasa paling murni dari umami atau gurih. Reseptor rasa umami memiliki afinitas [pengikat rasa] spesial untuk glutamat bebas.

2. Glutamat yang biasa dikonsumsi antara 10g dan 20g dari diet, sedangkan glutamat dari bumbu atau bumbu kurang dari 10%.

3. Monosodium glutamat membawa sesuatu yang baru untuk diet, yakni garam natrium dari asam amino yang ditemukan berlimpah dalam protein.

4. Tubuh memperlakukan glutamat dengan cara yang persis sama, baik itu yang berasal dari makanan yang kita konsumsi maupun yang ditambahkan sebagai bumbu.

5. Glutamat penting untuk metabolisme yang sehat, namun sebagian besar glutamat makanan yang kita konsumsi digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel dari sistem pencernaan.

6. Meningkatkan rasa umami dalam makanan dengan meningkatkan tingkat glutamat bebas dapat menghasilkan zat garam [natrium] dan lemak.

7. Mengganti garam meja dengan monosodium glutamat mengurangi kandungan sodium, seperti MSG, yang mengandung sepertiga dari jumlah natrium.

8. Hanya sejumlah kecil menambahkan glutamat diperlukan untuk mengoptimalkan rasa umami. Jadi, menggunakannya secara lebih tidak akan merugikan Anda, Namun kalau kandungannya pada bumbu seperti garam, makanan Anda mungkin jadi tidak enak.

9. Penelitian tentang bahan yang digunakan untuk membuat MSG telah ditinjau oleh para ilmuwan independen dan pihak berwenang di seluruh dunia. Mereka menyatakan MSG aman.

10. Sejumlah penelitian ilmiah gagal menunjukkan hubungan antara MSG dan efek yang merugikan bagi kesehatan. Bahkan, MSG memberikan manfaat rasa umami. [][teks @pohanpow/msgfacts.com | foto dok. superlife.co, aboutcagayandeoro.com]