}
Hewan Cerdas itu Bernama Gurita
Fakta

Hewan Cerdas itu Bernama Gurita

by Hagi
Fri, 27-May-2016

Hewan moluska yang termasuk dalam kelas Cephalopoda [kaki hewan terletak di kepala] dan ordo Octopoda ini, punya tingkat kecerdasan yang tinggi. Apa saja fakta lainnya?

1. Ilmu pengetahuan mengklasifikasikan ada 300 spesies gurita yang hidup di lautan.

2. Saat menetas, tubuh bayi gurita hanya seukuran kutu.

3. Menurut ilmu pengetahuan, gurita bukan punya 8 lengan, melainkan 6 lengan dan 2 kaki.

4. Meski otaknya hanya sebesar biji walnut, gurita sangat cerdas. Bahkan sangat mungkin mereka adalah hewan invertebrata paling cerdas.

5. Makanan utama gurita adalah kerang. Dan sama seperti lobster, darah gurita berwarna biru. Ningrat dong..

6. Gurita besar dikenal juga menangkap dan membunuh beberapa jenis hiu.

7. Di Korea, gurita dimakan hidup-hidup.

8. Banyak negara melarang pembedahan gurita tanpa pembiusan, menilik dari kecerdasan mereka.

9. Gulat gurita adalah olahraga yang populer di tahun 1960-an. Seorang penyelam melawan gurita di perairan dangkal dan menariknya ke permukaan.

10. Gurita punya tiga buah jantung. Mereka juga memiliki mata yang luar biasa kompleks, nggak kayak manusia.

11. Dua pertiga neuron gurita terletak di tentakelnya, bukan di kepala mereka.

12. Gurita mampu menumbuhkan kembali tentakelnya yang putus, persis di tempat yang sama.

13. Umumnya, seekor gurita memiliki 240 pengisap pada satu dari kedelapan tentakelnya. Jadi, ada 1.920 pengisap untuk setiap ekor. Iseeeeeppp!!

14. Sebanyak 1.600 alat pengisap pada tentakel gurita bukan hanya dapat dipergunakan untuk mengisap, melainkan juga mencium.

15. Jika dua ekor gurita saling mendekat dan mereka mengubah warna kulitnya menjadi gelap, maka bisa diramalkan akan segera pecah perkelahian.

16. Gurita bergerak dengan keanggunan sederhana, tetapi mereka tidak memiliki ritme tetap, tidak seperti kebanyakan hewan.

17. Gurita gemar mengisi waktu dengan bermain. Andai mereka tak bisa mengeksplorasi sekitarnya, maka mereka akan mudah bosan.

18. Saat bosan, dan amat lapar, gurita bisa saja menjadi autophagy, memakan anggota tubuhnya sendiri.

19. Semua gurita diduga menyimpan racun. Meski tak semua racun gurita bisa menyakiti orang, tetapi gigitan seekor Gurita Cincin Biru sebaiknya kamu hindari.

20. Gurita Cincin Biru dapat membunuh manusia dalam satu gigitan. Mereka adalah hewan paling beracun di lautan. Dan belum ada anti-racunnya.

21. Seperti simpanse, lumba-lumba, dan gagak, gurita juga diketahui mahir menggunakan alat-alat di sekelilingnya untuk keperluan hidupnya.

22. Gurita juga diketahui sering mengumpulkan dan mengatur pernak-pernik di sekitarnya menjadi "kebun."

23. Gurita termasuk hewan penyendiri. Tubuh tanpa cangkang membuatnya rentan terhadap predator.

24. Meski begitu, gurita dapat berkamuflase dalam hitungan tiga-per-sepuluh detik! Mereka bisa meniru benda-benda di sekitarnya.

25. Bukan hanya itu, gurita juga bisa meniru hingga 15 spesies laut, termasuk ular laut, ikan pari, lion fish, dan juga ubur-ubur.

26. Jika ada predator pintar dapat mengidentifikasi gurita, hewan cerdas ini akan segera menyemprot tinta hitam untuk segera kabur.

27. Saat berada dalam kegelapan tinta, Gurita Abyssal, atau Vampir Cumi, melawan balik dengan menyorotkan cahaya dari badannya.

28. Dengan tubuh tanpa kerangka luar dan dalam, gurita dapat menciutkan badannya untuk melalui celah kecil saat menghindari predator.

29. Gurita terbesar --yaitu Gurita Pasifik Raksasa-- yang pernah didokumentasikan bobotnya 71 kg.

30. Gurita Pasifik Raksasa menghasilkan 50.000 ekor bayi, dan hanya beberapa gelintir yang bertahan hidup saat induknya mati.

31. Seekor Gurita Pasifik Raksasa di Seattle Aquarium diketahui bisa membuka tutup stoples berisi makanan ringan.

32. Gurita Selimut betina ukurannya bisa 40.000 kali lebih besar dari jantannya. Ini adalah perbedaan gender terbesar di kerajaan hewan.

33. Alih-alih kawin, seekor gurita betina akan mencekik sang jantan, dan akan melahapnya. Nyem nyem..

34. Walau punya banyak kemampuan luar biasa, hidup gurita tak pernah panjang, hanya beberapa tahun. Ada spesies yang mati dalam enam bulan.

35. Beberapa ilmuwan percaya bahwa jika gurita mampu hidup lebih lama, mereka akan menjadi makhluk paling cerdas yang dominan di Bumi. [][teks @evaevilia/berbagai sumber | foto ytimg.com, giantbomb.com]