}
Fakta Menarik Tentang Pesawat Terbang
Fakta

Fakta Menarik Tentang Pesawat Terbang

by Dedi
Fri, 08-Jul-2016

Bepergian dengan pesawat terbang adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan [atau menyeramkan] buat sebagian orang. Dan sebagai sarana transportasi yang paling menghemat waktu dan paling canggih untuk saat ini, ada beberapa fakta menarik mengenainya:

1. Pesawat jumbo jet mempunyai ruang rahasia untuk tempat para awak kapalnya beristirahat.


2. Sinyal ponsel tidak mengganggu kelancaran penerbangan, bahkan beberapa maskapai penerbangan di Eropa dan Asia tidak melarang penggunaannya. Meski demikian, sebaiknya memang tidak menyalakan perangkat elektronik selama penerbangan berlangsung.

3. Radar tidak bisa melacak pesawat terbang yang berjarak 240 km darinya kecuali melalui GPS.

4. Selama memenuhi "Minimum Equipment List" atau MEL, pesawat masih dinyatakan layak terbang walau terdapat kerusakan pada beberapa bagian.

5. Kapten dan Co-Pilot selalu disuguhi makanan dengan menu yang berbeda untuk mengindari kedua-duanya keracunan makanan.

6. Pesawat terbang dilengkapi peralatan anti petir sehingga kemungkinan tersambar lebih kecil dari orang yang berdiri di tengah lapang.

7. Pesawat selalu membawa persedian minuman atau makanan ringan ekstra lebih. Jadi ramahlah dengan pramugari/pramugara jika Anda ingin nambah.

8. Minuman dan makanan sedikit terasa aneh dalam pesawat. Kemampuan lidah untuk merasakan manis dan asin berkurang karena tekanan kabin.

9. Abram Pheil [tengah], penumpang pesawat komersial pertama di dunia, terbang dari St. Petersburg ke Tampa pada 1 Januari 1914.


10. Ada sebuah pengungkit rahasia pada pintu toilet pesawat sehingga pintu yang terkunci bisa dibuka dari luar dalam keadaan darurat.

 

11. Kemungkinan mendapat kecelakaan ketika mengendarai mobil adalah 22 kali lebih besar dibanding mengalami kecelakaan pesawat.

12. Bahkan sampai 4 pilot dibutuhkan untuk bergiliran menerbangkan pesawat pada rute penerbangan yang sangat panjang.

13. Walau Anda sekuat Agung Herkules, tekanan udara di kabin membuat Anda tidak akan mampu membuka pintu pesawat ketika sedang mengudara.

14. Tekanan udara di kabin juga membuat tubuh kehilangan 1,5 liter cairan untuk tiap penerbangan selama 3 jam.

15. Winglet [tekukan sayap] di ujung sayap airbus adalah setinggi 2,4 meter. Sama tingginya dengan manusia tertinggi di dunia.


16. Seluruh armada Boeing 747 telah terbang sebanyak 78 trilyun kilometer. Ekuivalen dengan terbang ke bulan sebanyak 101.500 kali.

17. Dan seluruh armada, Boeing 747 telah menerbangkan 5,6 trilyun manusia atau sama dengan 80% jumlah pupulasi manusia di bumi.

18. Pesawat jet komersial terbang dengan kecepatan rata-rata 800 kilometer per jam. [][teks @dd_sarwono/roadwarrior.com, list25.com | foto berbagai sumber]