}
Sloth, Si Hewan Pemalas
Fakta

Sloth, Si Hewan Pemalas

by Hagi
Wed, 20-Jul-2016

Sloth adalah si hewan pemalas. Kenapa disebut begitu? Seperti namanya --yang memang berarti pemalas-- sloth tidur selama 20 jam sehari! Dan di saat tidak tidur, dia jarang sekali bergerak. Nah ini ada beberapa fakta tentang si hewan pemalas sloth.

1. Sloth adalah mamalia berukuran sedang. Ada 2 tipe sloth yaitu sloth berjari 2 dan sloth berjari 3. Mereka diklasifikasikan menjadi 6 spesies berbeda.

2. Semua sloth sebenarnya punya 3 jari, kecuali sloth berjari 2 yang hanya punya 2 jari.

3. Sloth adalah bagian dari Pilosa, jadi sloth punya hubungan dengan ant-eater dan armadillo.

4. Sloth adalah hewan penghuni pohon, mereka di temukan di hutan Amerika Tengah dan Selatan.

5. Panjang badan sloth biasanya sekitar 50-60 cm.

6. Makanan utama sloth adalah tunas, daun, dan buah dari pohon Cecropia. Beberapa sloth berjari 2 juga memakan serangga, reptil kecil, dan burung.

7. Sloth gemar melakukan diet daun. Sloth punya 4 bagian perut yang sangat lambat untuk mencerna makanan yang mereka makan, kadang-kadang butuh waktu sebulan untuk mencerna makanan. Inilah yang disebut diet daun sloth.

8. Karena diet daun yang menghasilkan nutrisi dan energy yang sedikit, sloth bergerak sangat lambat. Hal itu  membuat sloth menjadi hewan dengan gerakan paling lambat di dunia.

9. Bergerak lambat. Sloth hanya bergerak hanya 2 m per menit di darat, sedangkan saat berada di pohon, ia bergerak lebih cepat yaitu 3 m per menit.

10. Gerakannya yang lambat dan bulunya yang tebal membuat sloth menjadi habitat yang bagus untuk hewan lain seperti ngengat, kumbang, kecoa, jamur, dan ganggang. Bahkan, ganggang berwarna hijau acap memberikan kamuflase sehingga sloth dapat terhindar dari predator.

11. Sloth punya lidah panjang. Mereka dapat memanjangkan lidahnya keluar sampai 10 sampai 12 inci, sekitar 25-30 cm!

12. Sloth punya kuku yang panjang, tajam, dan kuat. Sloth menggunakan kukunya untuk bergelantungan di dahan pohon. Kuku sloth juga digunakan sebagai perlindungan diri dari predator.

13. Panjang kuku sloth bisa mencapai 10 cm, yang membuatnya susah untuk berjalan di tanah.

14. Walau sloth sulit bergerak di tanah, sloth sangat pandai berenang.

15. Sloth biasanya hanya diam di pohon. Satu minggu sekali, mereka turun dari pohon hanya untuk pergi ke toilet. Momen itu lah saat sloth rentan diserang predator.

16. Predator utama sloth adalah jaguar, elang harpy, dan ular.

17. Sloth berjari 2 adalah hewan yanga aktif pada malam hari atau nocturnal. Sedangkan sloth berjari 3 adalah hewan yang aktif pada siang hari.

18. Dulu sloth dianggap tidur selama 15 sampai 20 jam per hari. Namun sekarang dipercaya bahwa mereka tidur hanya sekitar 10 jam per hari.

19. Rata-rata sloth hidup 10 sampai 16 tahun di alam liar dan jika hidup di penangkaran lebih dari 30 tahun.

20. Walaupun sudah mati, sloth dapat mempertahankan cengkramannya di dahan.

21. Sloth berjari 3 dapat memutar kepalanya 360 derajat. [][teks @alpepabomb | sumber & foto berbagai media]