}
4 Desa Tanpa Putaran Duit
Fakta

4 Desa Tanpa Putaran Duit

by Pandu
Thu, 21-Jul-2016

Untung, Jakarta tidak pernah benar-benar kosong ditinggal penghuninya.  Di ibukota ini masih banyak problem yang belum juga usai, terutama masalah macet, polusi, banjir, dan tindak kriminal. Selama uang masih terus berputar, Ibukota sepertinya tidak akan melompong. Di Jakarta lahan parkiran aja bisa diduitin tiba-tiba. Padahal itu adalah hak konsumer. Ajaib banget kan?

Beda dengan di di China. Di sana  ada satu desa yang cuma dihuni seorang lelaki selama satu dekade. Nama pria itu Lui Shengjia. Desanya ditinggal karena nggak ada duit yang mutar. Hmm, kalau didiemin lama-lama, bisa kosong kayak 4 kota ini. Di sana duit sudah nggak mutar lagi.

#1. Sesena, Spanyol

Pergilah 35 km ke arah Selatan kota Madrid. Diproyeksikan sebagai kota tujuan wisata dengan banyak properti liburan dan hotel. Tapi tidak juga rampung dan sekarang cuma kosong, macam kota hantu.

#2. Imber, Inggris

Tahun 1943, seluruh penduduk dievakuasi karena daerah ini akan dijadikan wilayah perang Pasukan Sekutu. Banyak bekas mayat tentara. Sejak itu kota ini menjadi horor dan ditinggalkan penghuninya.

#3. Farina, Australia

Sudah ada dua pabrik, hotel dan lintasan kereta api. Cuma satu yang kurang, air. Hujan air saja tidak pernah turun. Apalagi hujan duit?

#4. Pulau Gouqi, China

Rumah kosong itu telah diambil alih oleh alam sejak ditinggal penghuninya. Sebelumnya, desa ini adalah desa nelayan, Tapi sudah kosong sejak 50  tahun lalu. [][teks @HaabibOnta | foto macalba.net]