}
Fakta Kanker
Fakta

Fakta Kanker

by Hagi
Thu, 28-Jul-2016

Kanker merupakan penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker.

Sel-sel tak diinginkan ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

1. Ada lebih dari 100 jenis kanker. Dan semua bagian tubuh, mungkin saja terserang penyakit itu.

2. Pada tahun 2008, 7,6 juta jiwa meninggal dunia karena kanker. Angka ini merupakan 13% dari seluruh kematian dari seluruh dunia.

3. Sebanyak 70% kematian akibat kanker terjadi pada negara-negara dengan penghasilan rendah dan menengah.

4. Di seluruh dunia, kanker yang membunuh pria terbanyak adalah [sesuai frekuensi]: paru-paru, perut, liver, usus, dan kerongkongan.

5. Dan di seluruh dunia, kanker yang membunuh wanita terbanyak adalah [sesuai frekuensi]: payudara, paru-paru, perut, usus, dan serviks.

6. Di negara-negara berkembang, kanker serviks merupakan jenis kanker yang umum menjangkiti wanita.

7. Konsumsi tembakau merupakan penyebab kanker terbesar yang diwaspadai dari seluruh dunia, karena menyebabkan 22% kematian akibat kanker.

8. Seperlima dari semua kanker di seluruh dunia disebabkan oleh infeksi kronis.

9. Kanker yang umum terjadi di masyarakat seperti payudara, serviks, dan usus, dapat disembuhkan jika terdeteksi dini dan diobati secara memadai.

10. Pasien yang membutuhkan penghilang rasa sakit dapat dibantu jika pengetahuan terkini tentang kontrol rasa sakit dan perawatan yang meringankan diterapkan.

11. Lebih dari 30% kematian akibat kanker dapat dicegah dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan melakukan imunisasi. [][teks @evaevilia/who.int | foto pixabay.com, freeimages.com]