}
Musim Hujan Musimnya Jalan Bolong
Fakta

Musim Hujan Musimnya Jalan Bolong

by Pandu
Tue, 28-Apr-2015

Musim hujan selalu membawa dua petaka di Jabodetabek, khususnya Jakarta Raya. Pertama, banjir, yang sudah terjadi sejak zaman kolonial. Kedua, jalanan rusak, yang setiap tahun tahun selalu terulang dan itu menyebalkan. Imbasnya, macet makin nggak karuan.

Aspal jalanan itu mirip hidupnya Dewa 19 yang nggak pernah mulus, brad. Selalu aja ada bongkar pasang. Ada tambal sulam. Ada proyek yang dientit. Huh!

Percayalah, jalan raya Jakarta akan selalu berlubang selama..


Sistem Drainase Reot - Penyebab utama jalanan bolong adalah genangan air, yang bikin aspal melunak dan tidak solid. Selama drainase Jakarta buruk, genangan air itu akan buat aspal keropos.

Aspal Kelas Bawah - Ngentit, cerita klasik bangsa ini. Vendor mental tikus, mengajukan proposal pakai material aspal kelas satu. Tapi kenyataan di lapangan, ternyata pasir dan batu lebih banyak ketimbang aspal.

Manipulasi Jembatan Timbang - Truk diperbolehkan lewat jalan raya umum jika muatannya di bawah 10 ton. Tapi manipulasi di Jembatan Timbang membolehkan mereka lewat. Alhasil, jalanan pada bolong.

Tambal? Emang Ban! - Menambal lubang jalan bukan solusi karena tambalan jalan cepat mengeropos. Solusi konstruksi yang lebih solid diperlukan ketimbang cara gampang dengan menambal lubang. [][teks @HaabibOnta | foto thedomesticfringe]