}
Bertualang ke Negeri Rambut
Fakta

Bertualang ke Negeri Rambut

by Hagi
Wed, 10-Aug-2016

Orang bilang, rambut adalah mahkota, terutama untuk kaum wanita. Ada berbagai anekdot tentang jumlah rambut di kepala kita, tetapi belum pernah ada yang benar-benar membuktikan dengan cara menghitungnya satu per satu. Mari kita simak fakta-fakta lain di balik rambut kita.

1. Sebagian besar rambut terbuat dari keratin, protein yang sama dalam pembentukan tanduk, kuku, cakar, bulu, dan paruh hewan.

2. Saat basah, sehelai rambut sehat dapat meregang 30% lebih panjang dari ukuran aslinya.

3. Dalam cuaca hangat, rambut tumbuh sedikit lebih cepat, karena panas merangsang sirkulasi dan mendorong pertumbuhan rambut.

4. Semua rambut sudah mati, kecuali yang masih dalam kulit epidermis kepala kita.

5. Rambut berisi informasi tentang semua yang pernah terjadi dalam aliran darah, dan karenanya sering digunakan sebagai salah satu bukti forensik.

6. Satu-satunya hal tentang Anda yang tak dapat diidentifikasi dari rambut adalah jenis kelamin, karena rambut manusia punya struktur yang identik.

7. Hitam adalah warna rambut paling umum. Merah adalah warna paling langka. Mereka hanya dimiliki oleh 1% dari populasi dunia.

8. Begitu rambut tercabut dari folikelnya, rambut baru mulai tumbuh di tempat yang sama.

9. Rambut terdiri dari 50% karbon, 21% oksigen, 17% nitrogen, 6% hidrogen, dan 5% sulfur.

10. Rambut dapat tumbuh di mana saja pada tubuh manusia, kecuali di telapak tangan, telapak kaki, kelopak mata, bibir, dan selaput lendir.

11. Merinding saat kedinginan atau ketakutan, adalah akibat dari kontraksi folikel yang menyebabkan kulit mengerut dan bulu-bulu halus berdiri.

12. Istilah ilmiah untuk rambut bercabang adalah "trichoptilosis".

13. Selain sumsum dalam tulang, rambut adalah jaringan yang paling cepat tumbuh di tubuh.

14. Kebotakan hanya akan mulai terlihat saat Anda kehilangan 50% dari rambut Anda.

15. Pada suatu waktu tertentu, 90% dari rambut di kulit kepala Anda tumbuh, sementara 10% lainnya sedang beristirahat.

16. Sehelai rambut dapat bertahan hingga sekitar lima tahun.

17. Rambut berfungsi sebagai pelindung panas pada kepala kita, yaitu di area yang tidak terlindungi lemak seperti pada bagian tubuh lainnya.

18. Sehelai rambut sanggup menahan beban hingga 100 gram. Jika dikalikan sekitar 100.000 helai rambut di kepala, kita bisa menahan beban dua gajah. [][teks @evaevilia/dailymakeover.com | foto pixabay.com]