}
Mooooo...
Fakta

Mooooo...

by Hagi
Thu, 11-Aug-2016

Hewan suci bagi agama Hindu ini punya beberapa keistimewaan. Apa saja? Simak yaa..

1. Sapi gemar tidur berdekatan dengan keluarga mereka. Pengaturan tidur ditentukan oleh peringkat individu dalam hierarki sosial mereka.

2. Sama seperti manusia, sapi juga punya best friend forever. Mereka juga bisa menyimpan dendam dan nggak suka dengan individu tertentu.

3. Masih kayak manusia, sapi juga menunjukkan emosi. Mereka terbukti menghasilkan susu lebih banyak saat diperlakukan lebih baik sebagai individu.

4. Seperti hewan memamah lainnya, perut sapi terbagi jadi empat kompartemen: rumen, retikulum, omasum, dan obamosum.

5. Sapi bersemangat saat memecahkan masalah, membuka pintu kandang, misalnya. Detak jantung dan gelombang otaknya menunjukkan kegembiraan.

6. Sapi juga memperlihatkan mood yang happy banget saat dilepas di lapangan setelah lama terkurung di dalam ruangan.

7. Induk sapi amat berbakti pada anak-anaknya. Mereka bisa berjalan amat jauh untuk mencari anak-anaknya yang hilang.

8. Curiosity killed the cat. Tapi bukan hanya kucing. Sapi pun termasuk hewan yang sangat kepo. Mereka selalu ingin tahu dan menyelidiki semua hal.

9. Sapi nyaris memiliki pandangan 360 derajat. Ini berguna untuk mendeteksi arah datangnya predator.

10. Selain visi yang baik, sapi juga punya indera penciuman yang tajam, pun begitu dengan indera pendengarannya, jauh di atas kemampuan manusia.

11. Warna merah tak membuat banteng marah. Mereka buta warna merah dan hijau. Lambaian jubah matadorlah yang bikin mereka naik pitam.

12. Masa kehamilan sapi sama dengan manusia: 9 bulan.

13. Sapi nggak cuma bisa bilang mooo.. Anak sapi mengeluarkan suara seperti tangisan/rengekan, sementara banteng melenguh.

14. Sapi dapat bertahan hidup hingga 20 tahun. Jika mereka bertanduk, kita bisa menghitung usianya dari jumlah lingkaran pada tanduk itu.

15. Sapi pertama yang ikut dalam pesawat terbang adalah Elm Farm Ollie pada Februari 1930. Dan ugh, oh ya, dia juga sapi pertama yang diperah di angkasa.

16. Sapi pertama yang mendarat di Amerika ikut bersama rombongan Christopher Colombus pada pelayaran kedua.

17. Rata-rata sapi domestik hanya tidur 4 jam sehari.

18. Perlu air sebanyak satu bathtub untuk memuaskan dahaga sapi setiap hari. Hey, kalo kamu makan 18 kg sehari kayak sapi, pasti minumnya juga segitu.

19. Sapi bisa naik tangga. Tapi jangan minta mereka turun tangga ya. Nggak bisa. Nah, kalo udah terlanjur, kamu harus gendong mereka.

20. Iya sih, sapi Holstein nggak punya tangan. Tapi walau begitu, mereka punya sidik jari. Nggak ada sapi yang punya sidik jari yang sama.

21. Di dunia ini ada lebih dari 800 ras sapi.

22. Jantung sapi berdetak 60 – 70 kali per menit.

23. Sapi mengunyah 50 kali per menit. Dan ada 400 kali gerakan rahang dalam sehari.

24. Rata-rata, dalam sehari, seekor sapi akan duduk dan berdiri sebanyak 14 kali. [][teks @evaevilia/berbagai sumber | foto freeimages.com]