}
 Daya Tarik Musim Panas di Belahan Bumi Utara dan Selatan
Fakta

Daya Tarik Musim Panas di Belahan Bumi Utara dan Selatan

by Yogira
Tue, 28-Apr-2015

Yang tinggal di kawasan tropis pastinya cuma merasakan dua musim [panas dan penghujan]. Tapi di daerah sub-tropis dan kutub, pasti beda lagi. Boleh jadi yang hidup di daerah tropis belum cukup mengetahui fakta-fakta menarik mengenai musim panas di belahan dunia lainnya.

Hari pertama musim panas disebut Summer Solstice. Pada hari tersebut poros bumi lebih menjorok ke matahari dan merupakan siang hari terpanjang dalam satu tahun. Solstice berasal dari bahasa Latin. Sol berarti matahari dan Sistere artinya berhenti. Mungkin lamanya siang hari dianggap bagaikan matahari yang berhenti beredar. Musim panas berakhir dengan datangnya musim gugur. Hari tersebut dinamakan Autumn Equinox.

Jika belahan bumi Utara mengalami musim panas, maka belahan bumi Selatan mengalami musim dingin, begitu sebaliknya. Itu terjadi karena kemiringan poros bumi ketika berevolusi mengelilingi matahari. Di belahan bumi Utara, musim panas biasanya berlangsung pada Juni, Juli, dan Agustus. Sedangkan di belahan bumi Selatan pada Desember, Januari, dan Februari.

Pada musim panas, bibit-bibit tanaman pertanian mulai tumbuh. Pada musim ini pula, penjualan es krim selalu laris. 

Di beberapa negara, musim panas adalah musim liburan sekolah. Ini berkat Horace Mann pada 1840. Pendidik/politisi inilah yang memelopori liburan musim panas.

Menara Eiffel di Paris, Prancis bertambah ketinggiannya hingga lebih dari 15 cm pada musim panas. Bahan menara Eiffel yang dibuat dari besi baja memuai karena panas sinar matahari.

Semangka adalah sayur-sayuran yang paling laris pada musim panas. Iya serius kok. Semangka tuh sebenernya termasuk sayuran, bukan buah-buahan. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto  laetitialathamjones.files.wordpress.com]