}
Seluk Beluk Daging Merah
Fakta

Seluk Beluk Daging Merah

by Sherra
Tue, 30-Aug-2016

Sebelum melahap dengan kalap si daging merah, simak fakta-faktanya dulu yuk!

1. Daging merah sangat bergizi, terutama kalau asalnya dari hewan yang makan dan dibesarkan secara alami.

2. Daging merah adalah sumber protein, zat besi, B12, Zinc, kreatina dan berbagai nutrisi lainnya.

3. Beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara daging, diabetes, penyakit jantung dan kematian. Namun, penelitian lain mengungkapkan hal tersebut berlaku untuk daging olahan.

4. Sebaiknya pilih metode yang lebih aman untuk memasak daging. Daging yang dipanggang akan membentuk karsinogen, zat kimia yang terkait dengan kanker.

5. Lebih besar nggak selalu lebih baik. Porsi daging yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah 100 gram daging merah tanpa lemak dalam sehari.

6. Ada lebih dari 50 cara berbeda memotong daging sapi, tapi lima yang paling populer: chuck, strip [New York strip], top round, top sirloin, dan t-bone.

7. Bagian daging dengan kata "loin" adalah potongan yang terbaik dari daging dengan lemak yang lebih sedikit dari bagian daging lainnya.

8. Sebelum memanggang daging ada baiknya untuk dimasak dahulu di oven atau microwave.

9. Memasak daging dengan suhu tinggi, termasuk daging merah, unggas, dan ikan, dapat menghasilkan senyawa yang dapat meningkatkan risiko kanker, yaitu amina heterosiklik [HCA] dan Polycyclic Aromatic Hydrocarbons [PAH].

10. Buanglah lemak dari daging sebelum memasak dan bersihkan potongan daging hangus sebelum makan.

Well, ternyata sehat itu gampang, tapi susah. Bingung kan? [][teks @saesherra/webmd.com, thedailymeal.com | foto pixabay.com]