}
Fakta Matcha
Fakta

Fakta Matcha

by Sherra
Thu, 30-Apr-2015

Matcha alias teh hijau adalah jenis olahan yang sangat populer di kawasan Asia Timur, terutama di Jepang.

Nah, sekarang tuh kayaknya apapun makanan atau minuman yang divariasikan dengan rasa teh hijau pasti banyak diburu orang. Hmm.. mungkin para jomblo juga harus dikasih rasa teh hijau kali ya..

Balik lagi soal Matcha, cara mengonsumsi yang baik itu sebenarnya seduh langsung dari daun teh hijau kering yang dihaluskan dan bukan dari kantong teh. Dengan cara itulah teh hijau lebih memberikan manfaat.

Okay, biar tambah merasakan efeknya, baca dulu nih beberapa fakta si Matcha..

  • Teh hijau sudah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun di Asia untuk turunkan tekanan darah dan mencegah kanker.
  • Teh hijau asli sebenarnya langka dan hanya diproduksi di Jepang, seperti di daerah Kyoto, Shizuoka, Nishio, dan Sayama.
  • Matcha sensitif terhadap cahaya dan panas. Makanya, menyimpannya pun harus di dalam wadah gelap untuk menjaga kadar antioksidannya.
  • Meskipun mengandung kafein, teh hijau nggak akan menimbulkan rasa gelisah dan cemas pada orang-orang yang sensitif pada kafein.
  • Ada lho jenis teh hijau tanpa kafein. Tapi dalam prosesnya, teh hijau seringkali ditambahkan bahan kimia seperti ethyl asetat atau karbondioksida.
  • Mau menghilangkan kafein dalam teh hijau secara alami juga bisa. Caranya dengan merebusnya selama tiga menit. Cara tersebut akan menghilangkan kafein hingga 85 persen.
  • Sayangnya, seluruh cara menghilangkan kafein pada teh hijau bisa ikut menghilangkan sebagian nutrisi pada teh hijau.
  • Matcha memiliki kurang lebih 70 kali antioksidan dibandingkan jus jeruk dan 9 kali beta karoten dibandingkan bayam.
  • Teh memang kaya antioksidan, tapi tentunya hanya untuk teh yang diseduh sendiri di rumah dan bukan yang sudah siap minum di kemasan.
  • Teh adalah minuman yang bisa menurunkan penyerapan zat besi dan folat. Nah, minum teh yang baik adalah 1-2 jam setelah makan.
  • Kadar antioksidan teh akan menghilang 45 menit setelah diseduh. So, nikmati teh mu segera setelah diseduh.
  • Ingin kurangi konsumsi kafein? Minum aja green tea sebagai pengganti kopi karena kandungan kafein yang lebih sedikit.

Beberapa fakta di bawah ini sih katanya belum dibuktikan secara pasti. Tapi, mungkin kamu bisa membuktikan bahwa teh hijau memberikan banyak manfaat.

  • Ssstt.. lagi PMS [Pre-Menstrual Syndrome]? Minum Matcha bisa meminimalisir gejala PMS.
  • Kemampuan tubuh saat membakar lemak meningkat 4% dalam waktu 24 jam setelah menelan teh hijau.
  • Penelitian di Hong Kong membuktikan bahwa kandungan zat kimia pada teh hijau yaitu Epigallocatechin [EGC] mampu mendorong pertumbuhan sekaligus memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Kandungan zat pada teh hijau mampu melindungi mata dari penyakit glaukoma dan penyakit mata lainnya.
  • Teh hijau mengandung dua alkaloid bernama theobromine yang merangsang jantung dan sedikit bersifat diuretik, namun dapat mencegah batuk dan melegakan otot sistem pernapasan. Juga mengandung Theophylline yang baik untuk melemaskan otot bronkus yang melancarkan pernapasan.
  • Penelitian di Swiss menunjukkan teh hijau memungkinkan untuk memperbaiki gangguan kognitif, memori, gangguan kejiwaan, serta meningkatkan adaptasi jangka pendek otak.
  • Teh hijau ternyata bisa membantu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan.
  • Teh hijau juga bisa meningkatkan metabolisme yang merupakan faktor dalam penurunan berat badan.
  • Kandungan klorofil pada green tea mampu membersihkan darah dan racun pada tubuh.
  • Nggak rugi kok ngeteh hijau, bisa atur kadar gula dan mencegah lonjakan insulin yang mengakibatkan penyimpanan lemak.

So, manfaat seperti apa yang udah kamu dapat dari mengonsumsi Matcha? [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto womendailymagazine.com/ evidero.de]