}
10 Negara Paling Toleran Sedunia
Fakta

10 Negara Paling Toleran Sedunia

by Yogira
Wed, 16-Nov-2016

Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda. Manusia hidup dengan bermacam ras, suku, agama, gaya hidup, sosial, budaya dan hal lainnya.

Karena berbeda macam, sejatinya kita harus bertoleransi. Nah, berikut  10 negara paling toleran sedunia sehingga selalu damai. Apakah Indonesia termasuk?

#10. Belanda

Selama 16 abad, agama jadi pemicu konflik di Eropa, Belanda termasuk negara yang aman bagi kaum minoritas.

#9. Denmark

Kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin di negeri ini terbilang sangat kecil. Denmark juga sangat toleran terhadap perbedaan agama.

#8. Swedia

Negara tetangga Denmark ini toleran terhadap bangsa lain. Swedia menerima banyak pengungsi korban perang, misalnya dari Suriah, Afghanistan, Somalia, hingga negara-negara Balkan. Tak heran, negeri ini termasuk negeri multi-kultural.

#7. Uruguay

Banyak kasus kekerasan di Amerika latin. Uruguay paling mampu mengatasinya pada abad ke-20 ini.  Kesetaraan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan kebebasan mengemukakan pendapat warganya jadi ciri utama toleransi di negeri ini.

#6. Australia

Berbagai imigran dari Asia dan dan Afrika hidup damai bersama warga asli Australia. Pemerintah pun memberlakukan hukum secara ketat bagi warganya yang berbuat rasis.

#5. Finlandia

Standar kehidupan yang sudah tinggi di negeri ini, membuat warga Finlandia tak mempersoalkan perbedaan sosial dan budaya.

#4. Selandia Baru

“Negeri Kiwi” ini contoh yang baik untuk membangun toleransi. Aneka ragam bangsa hidup di sini. Mereka adalah imigran dari Eropa dan Asia, terutama China. 

#3. Irlandia

Meski institusi gereja Katolik mendominasi kehidupan sosial budaya di sini, toh Irlandia tetap toleran terhadap penganut agama lain. Negeri ini pun terbuka bagi para pekerja asing, terutama  di bidang teknologi.

#2. Canada

Dari sisi politik, Canada lebih liberal daripada Amerika. Inilah negeri kedua paling toleran sedunia. Mereka hidup berdampingan dengan menyesuaikan diri dari perbedaan budaya, agama, dan kesetaraan gender.

#1. Islandia

Negeri ini nomor satu paling toleran di dunia. Islandia adalah negeri pertama yang membuka diri terhadap hak hidup masyarakat dengan perbedaan ras, agama, dan budaya. [][teks @firza/therichest.com | foto  therichest.com]