}
7 Mekanisme Pertahanan Otomatis Tubuh
Fakta

7 Mekanisme Pertahanan Otomatis Tubuh

by Pandu
Mon, 21-Nov-2016

Tanpa kita sadari, tubuh punya mekanisme pertahanan otomatis, yang selalu muncul ketika otak merasa bahwa tubuh sedang dalam kondisi berbahaya.

Misalnya aja kayak kedip atau nafas, manusia tidak pernah mengontrolnya secara manual. Semua terjadi dengan sendirinya. Selain dua hal tadi, tujuh aktivitas di bawah ini juga terjadi otomatis.

1. Menguap

Tandanya kepala butuh oksigen lebih. Karena otak mulai kepanasan atau penuh karena kebanyakan data.

2. Bersin

Waktu ada debu, mikroba atau benda mikroskopik lain masuk supaya nggak ganggu, tubuh langsung bersin.

3. Ngulet

Secara otomatis pas bangun tidur langsung aja ngulet. Ini supaya otot lentur, aliran darah lancar dan bikin seger dong.

4. Cegukan

Tandanya kebanyakan makan nih. Saraf antara lambung dengan diafragma paru-paru kehambat. Minum 7 gelas air ya.

5. Kerutan Tangan

Pasti muncul kalo kelamaan main air. Jari kita berkerut supaya pas pegang benda nggak selip. Pengertian banget kan?

6. Giduhan/Biduran

Bintik begini muncul karena tubuh lagi bertahan dari cuaca dingin. Supaya tubuh nggak kehilangan panas tubuh, jadi kulit menebal.

7. Tidur kagetan

Baru mau pules, tiba-tiba kaget langsung seger lagi. Pernah? Kejadian gini karena secara nggak sadar, tiupan nafas kamu berkurang drastis. Otak membaca sebagai ancaman kematian. Jadi langsung disengat listrik. Langsung melek lagi deh. [][teks @HaabibOnta | foto i.huffpost.com]