}
Legenda Suku Inca
Fakta

Legenda Suku Inca

by Pandu
Sat, 26-Nov-2016

Pernah dengar tentang kota di atas awan punya Peru? Kota berperadaban maju yang dibangun di atas Pegunungan Andes dan Sungai Urubamba. Kota itu adalah Machu Picchu, rumah bagi 1.000 orang suku Inca, yang dibuat antara tahun 1438-1471.

Suku Inca dan Kota Machu Picchu ibarat Kerajaan Majapahit dengan Borobudur kalau di Indonesia. Melegenda dan misterius.

Dulu, wilayah Suku Inca meliputi Peru, Ekuador, Bolivia, Argentina, Chili, dan Colombia. Raja ke-9 mereka, Pachacuti Inca Yupanqui, yang mengantar sukunya ke masa jaya. Menaklukkan suku lain di seluruh lembah cuzzo. Lalu bikin kota Machu Picchu.

Suku Inca punya tiga aturan moral “ama suwa, ama llulla, ama quella” [jangan mencuri, jangan berbohong, jangan malas]. Soal agama, mereka percaya kalau alam raya ini dikendalikan oleh 13 dewa. Jika ada Suku Inca merasa dewa sedang marah, mereka akan melakukan upacara persembahan.

Upacara itu disebut Capacocha. Yang dikorbankan adalah anak kecil dari suku sekitar Macchu Picchu. Persis film Apocalypto [2006] buatan Mel Gibson. Korban upacara akan dipersembahkan pada dewa matahari, dewi bulan, dan dewa petir.

Kejayaan Suku Inca harus runtuh ketika pelaut Spanyol mulai menginvasi. Perang tidak terelak. Raja terakhir suku Inca dieksekusi oleh Spanyol tahun 1572. [][teks @HaabibOnta | foto Wikimedia]