}
Awas Petir!
Fakta

Awas Petir!

by Hagi
Thu, 01-Dec-2016

Petir acap menyertai cuaca buruk. Menyambar secepat kilat, menyetrum dengan kekuatan tinggi, mari kita simak fakta-fakta menarik tentang petir.

1. Dalam setahun, di seluruh dunia, ada sekitar 24.000 orang meninggal karena tersambar petir.

2. Satu kali sambaran petir panasnya lima kali lebih besar ketimbang permukaan matahari. Ini bukan cuma panas, tapi puaanuuuaaasssss!!

3. Menurut sebuah penelitian ilmiah, sambaran petir akan meningkat 50% pada tahun 2100 jika pemanasan global terus berlangsung.

4. Satu sambaran petir mengandung energi yang cukup untuk memanggang 160.000 helai roti. Kamu mau isinya selai apa?

5. Pada tahun 1998, 11 personel tim sepakbola di Afrika tersambar petir dan meninggal dunia semua, sementara lawannya hanya menderita luka-luka.

6. Pada tahun 1939, sekawanan biri-biri berjumlah 835 ekor terpanggang hidup-hidup lewat satu sambaran petir di Utah, Amerika. Saos mana saos?

7. Tersambar petir akan meninggalkan pola yang khas pada kulit yang diberi nama Figur Lightenberg.

8. Sejumlah letusan gunung berapi mampu menciptakan muatan listrik yang dapat menyebabkan petir merambat hingga 3,2 km.

9. Patung Liberty diperkirakan menerima 600 sambaran petir per tahun. Mungkin Dewa Zeus cemburu karena bukan patungnya yang bertengger di situ.

10. Pada tahun 1902, sebuah sambaran petir merusak bagian atas Menara Eiffel dan mengharuskan rekonstruksi untuk memperbaikinya.

11. Kawanan Bongo di Afrika memakan kayu yang hangus karena sambaran petir. Hummm, nyam nyam, kraus kraus kraus..

12. Setiap sambaran petir mengandung radiasi X-Ray. Bzzzzt.. bzzzttt.. [][teks @evaevilia666/factslides.com | foto pixabay.com/Unsplash, pixabay.com/Comfreak]