}
Mitos dan Fakta Fisika
Fakta

Mitos dan Fakta Fisika

by Yogira
Wed, 06-May-2015

Mitos atau fakta? Ini yang bisa bikin kita bingung untuk menentukan kebenaran suatu hal.

Nah, berikut ini adalah berbagai masalah seputar mitos atau fakta, yang sudah terjawab kebenarannya.

Buah pisang dihasilkan oleh pohon pisang
Kenyataannya, tumbuhan yang menghasilkan pohon pisang itu bukanlah pohon, melainkan masuk ke dalam tumbuhan berbatang basah.

Permen karet yang tertelan baru bisa dicerna setelah 7 tahun
Kenyataannya, memang benar permen karet tidak bisa dicerna. Tapi butuh beberapa waktu, makanan lain akan masuk dan mendorongnya keluar.

Baju merah bikin banteng ngamuk

Sebenarnya, ini salah paham. Banteng itu buta warna. Keberingasan hewan ini karena kibasan kain dan gestur matador yang mengundang untuk dilawan.

Jangan berenang dengan perut kenyang, nanti kram
Hal ini keliru karena kita berenang tidak menggunakan otot perut. Jadi nggak usah kuatir soal ini.  

Makanan ber-MSG bisa bikin migren
Hal ini belum dapat dibuktikan. Pasalnya, kondisi tersebut hanya berlaku bagi orang-orang yang lebih sensitif terhadap MSG.

Manusia memiliki 5 indera

Sejak SD kita sudah diberitahu bahwa manusia punya 5 indera, tapi sebenarnya Tuhan memberikan lebih dari sekadar panca indera.

Bercukur dapat membuat rambut dan janggut semakin lebat

Ternyata hal ini disebabkan oleh rambut hasil potongan pisau cukur yang bersifat kasar, sehingga rambut bersifat lebih lebat.

Semakin cepat berlari, semakin berat

Menurut teori relativitas, massa dan energi adalah sama. Semakin banyak energi yang dikeluarkan, semakin berat massanya.

Petir nggak akan menyambar dua kali pada tempat yang sama
Tidak ada yang bisa melarang petir menyambar. Coba lihat gedung yang memiliki penangkal petir selalu disambar petir berkali-kali.

Minum 8 gelas air putih setiap hari

Menurut ahli ginjal Dr. Goldfrab, minum air 8 gelas perhari bukan keharusan karena jumlah yang harus kita minum disesuaikan dengan keadaan sekitar dan berat badan.

Otak kanan dan otak kiri manusia memiliki kemampuan yang berbeda

Beberapa kegiatan lebih mengaktifkan beberapa bagian otak lainnya. Jadi, otak kanan maupun otak kiri bisa mempelajari bagian mereka masing-masing.

Punya pengetahuan memang bagus, tapi mulai sekarang pastikan pengetahuanmu itu memang asli dan bukan mitos! [][teks @angie_bie/ hipwee.com/vickykillims.blogspot.com | foto stvesponseller.com/4medapproved.com]