}
Mantaray, Si Kelelawar dari Lautan
Fakta

Mantaray, Si Kelelawar dari Lautan

by Hagi
Tue, 06-Dec-2016

Si besar yang bergerak anggun di kedalaman lautan ini sebenarnya tidak berbahaya, asal jangan diganggu ya. Yuk, kenal lebih dalam dengan Mantaray..

1. Mantaray atau ikan pari besar adalah kerabat dekat dari hiu dan mereka dapat ditemukan di perairan beriklim, subtropis dan tropis.

2. Nama “manta” diambil dari Bahasa Spanyol yang artinya selimut. Kalo lihat tubuh mereka sih, nggak usah heran ya.

3. Ada 2 jenis ikan pari besar: Mantaray Karang [Manta alfredi] dan Mantaray Raksasa [Manta birostris].

4. Spesies terbesar adalah Mantaray Raksasa, yang diameter tubuhnya mencapai lebar 9 meter.

5. Ikan pari lain [stingray] suka menggali dasar laut, sementara pari manta berenang di lautan dan hanya mendekati dasar laut untuk membersihkan diri.

6. Mantaray memiliki insang di bagian bawah tubuh, tempat mereka menyaring oksigen dari air.

7. Seperti hiu macan tutul, pari manta dapat diidentifikasi secara individual oleh bintik-bintik di bagian bawah tubuh mereka.

8. Meski bukan ancaman bagi manusia, dan acap menghindari kontak dengan manusia, tetapi ikan pari raksasa dapat menyerang jika terganggu.

9. Berbeda dengan stingray, mantaray tidak punya ekor cambuk beracun.

10. Mantaray memiliki otak paling besar dari semua jenis ikan. Kerangka mereka terdiri dari tulang rawan, bukan tulang keras.

11. Mantaray acap mengunjungi tempat mangkal beberapa spesies ikan kecil yang bertanggungjawab menghilangkan parasit dari kulit mereka.

12. Mantaray termasuk hewan ovoviviparous. Sang betina melahirkan anak yang sebelumnya berkembang dalam telur di dalam tubuh mereka.

13. Lazimnya, mantaray betina hanya memiliki 1-2 anak pada suatu waktu.

14. Mantaray sering terlihat melompat keluar dari air. Itu mungkin untuk menghilangkan parasit, untuk berkomunikasi, atau sekadar bermain-main.

15. Mantaray memiliki sebaris gigi, tetapi hanya ditemukan di rahang bawah. Gigi ini digunakan untuk mengunyah makanan.

16. Gaya berenang yang lincah dan elegan membuat mantaray terlihat seperti burung yang sedang mengepakkan sayap saat terbang.

17. Mantaray bukanlah termasuk hewan sosial. Mereka nggak gaul-gaul amat. Namun begitu, mereka sering bertemu saat makan dan melakukan migrasi.

18. Makanan utama mantaray adalah zoo-plankton. Dan predator alami mereka adalah hiu besar, paus pembunuh, dan paus pembunuh palsu.

19. Aktivitas manusia dapat menimbulkan ancaman bagi mantaray. Mereka mungkin terangkut di jaring nelayan, atau sengaja diburu untuk obat tradisional.

20. Di alam bebas, selama tidak dimangsa predator atau tertangkap manusia, mantaray bisa hidup sampai 50 tahun. [][teks @evaevilia666/berbagai sumber | foto youtube.com, dive-the-world.com]