}
Cara Membaca Wajah
Fakta

Cara Membaca Wajah

by Pohan
Wed, 29-Mar-2017

Orang dapat berkata bohong lewat pesan teks. Begitu di hadapan, langsung wajah yang mengatakan segalanya. Istilah modernnya: micro-expression atau ekspresi mikro. Berikut ini cara membaca wajah dengan singkat:

Bahagia: Ekspresi bahagia senyum dengan mengekspos beberapa gigi, dan kerut dari garis luar hidung ke sudut luar bibir. Pipi terangkat, dan kelopak mata bawah tertarik atau berkerut.

Sedih: Ekspresi sedih alis tertarik ke dalam dan ke atas, kulit di bawah alis membentuk segitiga dengan sudut dalam terangkat, dan sudut bibir tertarik ke bawah. Rahang terangkat dan bibir bawah cemberut.

Penghinaan: Ekspresi penghinaan terlihat dari satu sudut mulut yang terangkat, seperti senyum setengah yang sebenarnya menyeringai.

Jijik: Ekspresi jijik biasanya ditandai dengan alis tertarik ke bawah, tetapi kelopak mata bawah terangkat [sehingga mata menyempit], pipi naik dan hidung mengerut. Bibir atas juga terangkat atau mengerut ke atas.

Kaget: Ekspresi kaget menampilkan alis yang terangkat dan melengkung. Kulit di bawah alis mengencang dan ada kerut horizontal di sepanjang dahi. Kelopak mata membuka sangat lebar sampai bagian putih mata terlihat.

Takut: Ekspresi takut ditandai dengan alis terangkat yang biasanya lebih rata, tidak melengkung. Ada kerut di dahi, di antara dua alis, bukan di sepanjang dahi. Biasanya putih mata tampak di atas pupil namun tidak di bawahnya.

Marah: Ekspresi marah alis tertarik ke bawah dan mendekat, mata menatap tajam atau melotot, dengan garis vertikal muncul di antara alis dan kelopak mata bawah menegang. [][teks @pohanpow/id.wikihow.com | foto pixabay.com]