}
Penemuan Terbesar Peradaban Manusia
Fakta

Penemuan Terbesar Peradaban Manusia

by Intern
Wed, 19-Apr-2017

Sejak manusia hadir di bumi, saat itu dimulai peradaban. Dan ini terus berkembang hingga hari akhir nanti. Apa saja yang mereka temukan dari awal kehidupan di bumi? Lalu, kalau nggak ada benda-benda ini, apa jadinya kita sekarang?

1. Api

Manusia purba menemukan api karena nggak sengaja lihat percikan api saat petir menyambar pohon. 

2. Bahasa

Sebuah sistem komunikasi tercipta karena manusia purba senang berkumpul setelah ditemukannya api. Itulah awal mula ditemukannya bahasa.

3. Roda

Ditemukan karena persoalan jarak dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk berjalan di hutan yang tidak datar.

4. Uang

Sistem barter yang terkadang menyulitkan kini berubah semenjak uang ditemukan sebagai alat pembayaran.

5. Listrik

Pada tahun 1821, Michael Faraday menemukan motor listrik yang bisa menggerakkan benda dengan aliran listrik, yang menjadi pembuka jalan di bidang kelistrikan.

6. Mesiu

Penemuan mesiu pada abad ke-9 oleh ahli kimia asal Cina membuat peperangan makin ricuh. Ledakannya bisa menyambar dengan cepat lho..

7. Internet

Terimakasih deh sama yang menciptakan internet. Dengan internet kita bisa mencari data, info dan terkoneksi satu sama lain. 

8. Penisilin

Ini nih yang menyelamatkan 12-15% nyawa saat Perang Dunia II. Antibiotik yang mampu menekan bakteri penyebab infeksi ini ditemukan oleh Alexander Fleming. 

9. Velcro

Penemuan velcro oleh seorang insinyur asal Swiss memang terkesan sepele sih. Tapi benda ini sudah terpasang pada hampir semua perlengkapan manusia lho..

10. Teflon

Ditemukan tahun 1938 oleh Roy Plunkett. Penemuan ini tentu bikin ibumu bahagia karena penggorengannya jadi anti gores dan menyerap panas dengan stabil.

11. Baja

Berpengaruh besar terhadap jalannya pembangunan, pertanian, dan pertahanan. Mungkin, kemajuan belum seperti sekarang kalau baja belum ditemukan.

12. Lampu

Siapa yang nggak kenal Thomas Alva Edison? Lampu yang ia temukan pada tahun 1879 bikin dunia kita terang sekarang.

13. Mesin Uap

Revolusi industri bergerak lebih cepat setelah mesin uap karya James Watt ini teruji efektif untuk pompa, lokomotif, dan kapal laut.

14. Kertas

Untung banget kan Cai Lun menemukan kertas. Bayangin, kalo sampe sekarang kita masih nulis di atas batu seperti zaman purba?

15. Kompas

Pertama kali digunakan sekitar awal abad ke-13. Tanpa alat ini kita nggak akan tau arah kalau tersesat dalam hutan.

16. Obscura

Tanpa Kamera obscura yang ditemukan Louis Daguerre, kamu nggak akan bisa narsis dan mengabadikan momen-momen penting.

17. DNA

Pasti sulit mendapatkan informasi genetik kalau nggak ada DNA. Berkat James Watsons dan Francis Crick, kita bisa tau suatu hubungan biologis dari DNA.

18. Gravitasi

Gaya gravitasi yang ditemukan Isaac Newton inilah yang menjadi penjelasan na setiap benda pasti jatuh ke bawah dan kita bisa berpijak di permukaan bumi.

19. Plastik

Nggak hanya membantu kita membawa banyak barang bawaan. Isolator panas karya Leo Hendrik Baekeland ini tanpa kamu sadari ada di mana-mana lho..

20. Jam Analog

Ditemukan oleh Peter Henlein. Nggak kebayang deh kalo hari gini masih janjian ketemuan pake jam matahari.

21. Benang

Kalau nggak ada benang, nggak akan ada kain apalagi baju. Jenius banget ya Richard Arkwright dari Skotlandia ini. [][teks @andiskaraf/list25.com, history.com | foto The Next Web]