}
Cabe-Cabe Pedas
Fakta

Cabe-Cabe Pedas

by Hagi
Tue, 16-May-2017

Beragam cabe dari seluruh dunia punya rasa yang sama: pedas. Meski begitu, ada perbedaan level kepedasannya. Apa saja fakta-fakta tentang si pedas ini?

1. Di dunia ini ada ribuan jenis tumbuhan cabe yang masuk ke anggota genus Capsicum. Di Mexico saja ada lebih dari 140 varietas.

2. Rasa pedas cabe dipengaruhi banyak hal. Tanah, suhu udara, cuaca, juga jumlah air sangat menentukan kadar kepedasannya.

3. Meski jenisnya banyak sekali, hanya lima spesies yang sering kita jumpai: C. annuum, C. baccatum, C. chinense, C. frutescens, dan C. pubescens.

4. Capsicum annuum adalah yang paling umum dibudidayakan dari kelompok itu termasuk keluarga paprika dan jalapenos.

5. Dari jenis yang banyak itu, paprika diyakini jadi salah satu tanaman cabe pertama yang dibudidayakan manusia.

6. Lebih dari 6.000 tahun lalu, biji cabai ditemukan di Peru dan Mexico. Residu paprika juga telah ditemukan di berbagai alat memasak kuno.

7. Cabe di gigitan kedua boleh jadi terasa lebih pedas. Itu karena bagian yang menempel dengan biji yang membuat lidah terasa terbakar.

8. Bagian terpedas dari cabe adalah bagian yang paling dekat dengan batang karena memiliki konsentrasi capsaicin tertinggi.

9. Hanya mamalia yang paling terpengaruh dengan rasa pedas dari cabe. Daging mereka bisa terbakar atau teriritasi oleh capsaicin.

10. Burung lebih kebal terhadap rasa pedas dari cabe. Merekalah yang paling bertanggungjawab atas penyebaran biji cabe ke seluruh penjuru dunia.

11. Meski banyak warna, paprika berasal dari tanaman yang sama, hanya beda tingkat kematangan.

12. Paprika mulai dari hijau, lalu berubah kuning, dan kemudian menjadi merah. Ada juga yang jingga, karena kandungan vitamin C dan beta-karoten.

13. Selain hijau, kuning, jingga, dan merah, paprika juga bisa berwarna ungu lho. Warna ungu terong ini bisa terjadi saat dipanen sebelum matang.

14. Kadar pedas ditentukan dalam skala Scoville. Cara mengetahuinya ditentukan di laboratorium dengan mengencerkan cabe kering.

15. Cabe kering direndam dalam larutan alkohol, lalu diencerkan dengan air gula. Semakin banyak cairan pengencer, berarti semakin pedas cabe itu.

16. Dibanding jeruk, cabe punya kandungan vitamin C lebih tinggi. Sebuah jeruk mengandung 69 mg, sementara sebuah cabe 107 mg.

17. Rasa pedas pada cabe adalah juga mekanisme pertahanan dari serangan hama serangga. Capsaicin memperlambat pertumbuhan mikroba dari serangga.

18. Selain menyiksa lidah, capsaicin juga dapat membantu membuka blokir sinus di hidung. Tetapi bukan lantas memperbaiki kesulitan bernapas ya.

19. Trinidad Moruga Scorpion adalah cabe kedua terpanas di dunia. Kepedasannya dapat menembus sarung tangan lateks lho.

20. Kabarnya, cabe rawit bisa untuk membantu menghentikan pendarahan. Sebaiknya cabe diencerkan dan dikompres dengan perban. [][teks @evaevilia666/berbagai sumber | foto freepik.com/evening_tao, whatwolf]