}
Mitos vs Fakta Kesehatan
Fakta

Mitos vs Fakta Kesehatan

by Hagi
Mon, 08-May-2017

Di dunia kesehatan, banyak beredar mitos yang acap menyesatkan. Yuk kita pelajari biar nggak tersesat.


Mitos: Mereka bilang, minyak zaitun rendah kalori.

Fakta: Ada banyak kalori terkandung dalam minyak zaitun, hanya saja, memang lebih menyehatkan.


Mitos: Mereka bilang, manusia mesti minum 6 – 8 gelas air putih setiap hari.   

Fakta: Manusia mestinya minum air seberapapun tubuh kita membutuhkannya.


Mitos: Mereka bilang, buah sama menyehatkannya dengan sayuran.

Fakta: Sayur lebih menyehatkan ketimbang buah. Menu harian yang baik adalah 4 porsi sayur + 1 porsi buah.


Mitos: Mereka bilang, kita hanya membakar kalori lewat olahraga.

Fakta: Tubuh kita membakar kalori lewat berbagai aktivitas di banyak fungsi.


Mitos: Mereka bilang, minum jus seberapapun akan menyehatkan tubuh kita.

Fakta: Asupan jus per hari tidak boleh lebih dari 3 gelas.


Mitos: Mereka bilang, sushi itu makanan yang menyehatkan.

Fakta: Beberapa jenis sushi dan sejumlah sausnya mengandung banyak kalori.


Mitos: Mereka bilang, makan lemak itu terlarang.

Fakta: Hanya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebihan yang tidak baik untuk tubuh Anda.


Mitos: Mereka bilang, jangan makan lagi setelah jam 6 sore.

Fakta: Sebaiknya kita tidak makan berat lagi 3 – 4 jam sebelum pergi tidur.


Mitos: Mereka bilang, brown sugar lebih sehat ketimbang gula pasir.

Fakta: Brown sugar sama saja dengan gula pasir yang mengandung banyak kalori.


Mitos: Mereka bilang, buah adalah makanan penutup/cuci mulut yang baik.

Fakta: Buah itu sebaiknya dikonsumsi sebagai pengganti kudapan.


Mitos: Mereka bilang, cokelat berefek buruk terhadap tubuh.

Fakta: Sepotong dark chocolate malah punya banyak manfaat untuk tubuh.


Mitos: Mereka bilang, kita bisa makan apapun untuk sarapan.

Fakta: Sarapan sempurna itu terdiri dari protein + lemak + karbohidrat + serat diet.


Mitos: Mereka bilang, jika kita makan sedikit, maka bobot tubuh akan turun.

Fakta: Hanya orang yang makan 5 – 6 kali seharilah yang bisa menurunkan bobot tubuhnya. Asal kira-kira ya, makannya. [][teks @evaevilia666/randomthoughts | foto freepik.com/valeria_aksakova, tirachard]