}
Kisah Kuda Laut
Fakta

Kisah Kuda Laut

by Hagi
Wed, 14-Jun-2017

Setelah perdebatan panjang, para ahli menyimpulkan kuda laut masuk keluarga ikan. Mereka bernafas dengan insang dan punya gelembung renang. Apa lagi yang belum kita ketahui tentang hewan lucu ini? Yuk kita simak..

1. Kuda laut tak memiliki sirip ekor. Hanya ada 4 sirip yaitu di pangkal ekor, di bawah perut, dan sepasang lagi di belakang pipi mereka.

2. Kuda laut adalah perenang yang buruk. Mereka menggerakkan sirip dengan cepat, tetapi sayangnya tak sebanding dengan gerakan tubuhnya.

3. Meski tak bisa bergerak cepat, kuda laut bergerak sangat luwes. Mereka bisa bergerak ke atas, ke bawah, ke depan, atau ke belakang.

4. Kuda luat bisa ditemui hampir di seluruh dunia. Mereka hidup di perairan beriklim sedang dan tropis di seluruh penjuru bumi.

5. Habitat favorit kuda laut adalah terumbu karang, padang rumput laut, dan hutan bakau. Mereka doyan nongkrong di rumput laut atau karang bercabang.

6. Menurut World Register of Marine Species, di dunia ini terdapat 53 spesies kuda laut yang ukurannya dari 2,5 cm sampai 35 cm.

7. Kuda laut termasuk ke dalam famili Syngnathidae. Yang juga masuk keluarga ini adalah ikan pipa dan naga laut.

8. Menu kesukaan kuda laut adalah plankton dan krustasea kecil. Karena nggak punya gigi dan lambung, mereka harus makan terus menerus.

9. Banyak kuda laut menganut monogami. Selama masa pacaran, mereka saling melilitkan ekor dan berubah warna. Uuuuuw, so sweeet..

10. Meski yang bertelur si betina, tetapi yang melahirkan adalah para kuda laut jantan. Si ibu menitipkan telur ke kantung di perut sang ayah.

11. Kehamilah pada kuda laut jantan bisa berlangsung dalam beberapa minggu, dan saat bayinya lahir, mereka terlihat seperti orangtuanya dalam bentuk mini.

12. Kuda laut adalah penyamar ulung. Mereka bisa berkamuflase dengan sempurna di habitat karang mereka.

13. Kuda laut rawan terhadap kepunahan. Mereka banyak diambil untuk obat, habitatnya rusak oleh manusia, dan ancaman polusi laut. [][teks evaevilia666/berbagai sumber | foto gowild.wwf.org.uk, petseahorse.com]