}
Bioskop dan Film Juga Punya Cerita!
Fakta

Bioskop dan Film Juga Punya Cerita!

by Intern
Wed, 21-Jun-2017

Commuters sering datang ke bioskop untuk menonton cerita dari setiap film ‘kan? Nah, bioskop dan film juga punya cerita mereka sendiri. Dimulai dari akhir abad ke-19, dunia perfilman sukses menjadi media paling berpengaruh dan paling populer di abad ke-20. Yuk jelajah masa lalu!

1. The Great Train Robbery adalah film pertama di dunia. Dirilis pada tahun 1903, jalan cerita perampokan besar-besaran ini ditulis Thomas Alva Edison.

2. Dua tahun setelah itu, bioskop pertama dengan hanya 96 kursi dibuka pada 19 Juni 1905 di Pittsburgh, Pennsylvania. Bioskop ini adalah kreasi John P. Harris dan Harry Davis.

3. Nickelodeon adalah nama bioskop tersebut. Nama ini didapat dari biaya tiket seharga Nickel [koin 5 sen] dan bahasa Yunani untuk theater, Odeon.  

4. Meskipun jadi pelopor dan tersebar di seluruh Amerika, Nickelodeon tutup pada 1915 dan digantikan dengan bioskop lebih besar dan baru.

5. Memecahkan masalah pribadi, Richard Hollinghead malah membuat tren menonton baru. Bioskop luar ruangan, drive-in pada 1933.   

6. Dengan puncak tahun ‘70-’90-an dan juga membawa pengalaman menonton yang berbeda, sayang drive-in semakin jarang ditemui karena konflik lahan.

7. Tak mau kalah, sepanjang abad ke-20 hingga sekarang, banyak perubahan besar dalam proses pembuatan film dikarenakan teknologi.

8. Dimulai dari kamera film, pen-sinkronasi suara, green screen, hingga CGI, sukses membuat kita takjub dengan hasilnya dari tahun ke tahun.

Dan masih banyak lagi cerita di balik layar yang nggak kalah seru sama cerita di layar lebar. Apa lagi film yang mau Commuters tonton di bioskop? [][teks @alya_adara/berbagai sumber | foto mainetoday.com, tcf.ua.edu]