}
Alasan Mereka Memilih Tak Punya Anak
Fakta

Alasan Mereka Memilih Tak Punya Anak

by Dewi
Mon, 24-Jul-2017

Dengan bertambahnya usia kita, pertanyaan-pertanyaan klise pun berdatangan. Saat lulus SMA ditanya “mau kuliah di mana, jurusan apa?” Setelah itu “kapan lulus?” lalu “kerja di mana sekarang?” berlanjut dengan “kapan nikah?” dan “udah isi belum?” [ini tentu aja maksudnya hamil ya, bukan isi formulir]. Lalu bila kalian tampak belum punya anak [berapapun usia pernikahan] pertanyaan yang akan datang dalam bentuk repetition adalah “kapan punya momongan?” dan sepertinya nggak bakal berhenti sampai mereka melihat kalian benar-benar menggendong seorang anak.

Dan saat mereka mendapat jawaban “kami nggak pengin punya anak”, gegerlah dunia..

Saya pribadi nggak akan memberikan penilaian apapun. Menurut saya sih itu hak masing-masing orang, mau punya anak atau nggak. Tapi pengen tau juga kenapa sih sebagian orang memilih nggak punya anak. Mungkin kalian juga kepo, di sini saya share alasan beberapa seleb luar yang saya comot dari thecut.com.

“Itu [memiliki anak] bukan takdir saya. Saya pernah menantikannya, tapi tak pernah terjadi. Dan saya nggak peduli apa yang dipikirkan orang. Jika seorang pria hadir dan berkata bahwa saya harus berusaha untuk memiliki anak, saya akan bilang “menyingkirlah!””Helen Mirren, aktris panggung, televisi, dan film

“Jika aku memiliki anak, ia akan membenciku. Malah mungkin dia akan membicarakanku di acara talkshow lain seperti yang kupunya. Karena dalam hidupku pasti akan ada yang menderita, dan kemungkinan adalah anak.” Oprah Winfrey, host, penulis, aktris, produser, Chairwoman & CEO Harpo Production, Chairwoman, CEO & CCO Oprah Winfrey Network

“Memiliki anak, banyak tanggungjawabnya. Nggak punya anak membuat hidup lebih mudah, tapi mengambil keputusan itu tidaklah mudah. Saya suka melindungi orang lain, tapi nggak terpanggil untuk menjadi seorang ibu. Bukan berarti hidup jadi benar-benar mudah. Saya cukup menjadi diri sendiri dan berkarya. Saat ini, saya pikir segalanya berjalan dengan baik. Saya telah melakukan banyak hal. Dan saya nggak peduli lagi.”Cameron Diaz, model, aktris, produser

“Aku memilih nggak punya anak karena aku percaya anak-anak yang telah lahir ke dunia ini adalah milikku juga. Aku nggak perlu melahirkan anak karena ada banyak sekali anak yatim piatu atau anak yang ditinggalkan orangtuanya yang membutuhkan kasih sayang, perhatian, waktu, dan kepedulian. Aku telah memiliki pendirian ini sejak usia 18 tahun. Kupikir egois sekali jika tenaga dan kemampuan yang kita miliki dipakai untuk melahirkan anak, padahal bisa dimanfaatkan untuk membantu anak-anak itu dan membuat dunia menjadi tempat di mana anak-anak nggak hidup dalam kemiskinan dan nggak dilecehkan lagi. Itulah keyakinanku hingga saat ini.” - Ashley Judd, aktris dan aktivis

Dan masih banyak lagi alasan yang dilontarkan oleh mereka yang memilih nggak punya anak: takut anak memiliki penyakit mental yang sama seperti yang dimiliki mereka, takut nggak bisa jadi orangtua yang sempurna, dunia sudah penuh, punya anak besar biayanya, nggak cocok dengan gaya hidup yang dimiliki, dan masih banyak lagi.

Setuju atau nggak dengan alasan mereka, ya bebas aja, Commuters. Kalo kalian sendiri gimana? Saran aja nih, keputusan apapun yang kalian buat nantinya, sebaiknya sudah dipertimbangkan masak-masak ya dan berpegang pada prinsip-prinsip yang baik.. Chiao! [][teks @tantedow/thecut.com & mic.com | foto whoa.in & var.ge]