}
Kaca 100% Dapat Didaur Ulang
Fakta

Kaca 100% Dapat Didaur Ulang

by Pohan
Thu, 27-Jul-2017

Ada berbagai macam jenis kaca seperti kaca bening untuk menghangatkan ruangan atau kaca pengaman yang memiliki kekuatan 3-5 kali lipat dari kaca biasa. Inilah fakta kaca:

1. Kaca 100% dapat didaur ulang tanpa henti. Kaca juga tidak akan kehilangan kualitas atau kemurniannya meski didaur ulang berkali-kali.

2. Kaca terbuat dari bahan seperti pasir, abu soda, batu kapur, dan cullet [pecahan kaca beling dan berbagai kaca limbah].

3. Satu-satunya bahan yang digunakan dalam volume lebih besar dari pada cullet adalah pasir. Bahan ini dicampur, atau “ditempa”, dipanaskan sampai suhu 2.600-2.800 derajat Fahrenheit, dan dibentuk sesuai keinginan.

4. Produsen mendapatkan keuntungan dari daur ulang dengan beberapa cara: kaca daur ulang mengurangi emisi dan konsumsi bahan baku, memperpanjang umur peralatan pabrik, seperti tungku, dan menghemat energi.

5. Wadah kaca daur ulang selalu dibutuhkan karena produsen kaca memerlukan gelas kontainer daur ulang yang berkualitas tinggi untuk memenuhi permintaan pasar untuk wadah kaca yang baru.

6. Wadah kaca untuk makanan dan minuman 100% dapat didaur ulang, tapi tidak dengan jenis kaca lainnya. Jenis kaca lainnya, seperti jendela, peralatan oven, pyrex, kristal, dan lain-lain, diproduksi melalui proses yang berbeda. [][teks @pohanpow/gpi.org | foto MAGGRAV.com, pixabay.com]