}
Mengenal Kebangkitan Nasional
Fakta

Mengenal Kebangkitan Nasional

by Yogira
Wed, 20-May-2015

Embrio lahirnya bangsa dan negara Indonesia yang berdaulat nggak lepas dari sejarah Kebangkitan Nasional. Kita memperingatinya setiap tanggal 20 Mei. Kebangkitan Nasional adalah tonggak terbangunnya bangsa Indonesia hingga bisa seperti sekarang ini.

Sejarah kelam pendidikan bangsa pribumi saat dijajah Belanda memicu pergerakan para tokoh intelektual, di antaranya: Dr. Sutomo, Dr. Tjipto Mangunkusumo, Ki Hajar Dewantara, dan dr. Douwes Dekker.

Mereka sepakat mendirikan perkumpulan “Boedi Oetomo”. Boedi” artinya perangai atau tabiat sedangkan “Oetomo” berarti baik atau luhur. Tujuannya adalah mencapai sesuatu berdasarkan keluhuran budi.

Tapi Boedi Oetomo bukanlah pemicu pertama gerakan Kebangkitan Nasional. Sebelum Boedi Oetomo resmi berdiri pada 20 Mei 1908, Sarekat Dagang Islam pada 1905, yang dirintis H. Samanhudi jadi gerakan awalnya.

Gerakan Kebangkitan Nasional kian teguh dengan adanya ikrar Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, yang merupakan hasil kesepakatan dari tokoh-tokoh pemuda dari berbagai daerah.

Dua peristiwa itulah yang sangat berperan menyemangati tokoh Indonesia lainnya untuk memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 dengan menunjuk Soekarno-Hatta sebagai dwi tunggal pemimpin Indonesia. [][teks @yofirza/berbagai sumber | ilustrasi @maspapan/@tesarrior]