}
Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi
Fakta

Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi

by Pohan
Wed, 01-Nov-2017

Pengemudi tidak hanya wajib memiliki surat izin mengemudi namun juga perlu meninggalkan kebiasaan buruk saat mengemudi. Apa saja?

1] Mengemudi sambil balas chat

Menurut Virginia Tech Transportation Institute, mengirim teks saat mengemudi kemungkinan masuk ke situasi berbahaya atau bahkan mengancam jiwa 23 kali lebih besar.

2] Tambah kecepatan saat lampu kuning

Banyak pengemudi yang malah mempercepat laju kendaraannya saat lampu lalu lintas berubah menjadi kuning. Tindakan ini akan sangat membahayakan pengguna jalan lain.

3] Mengemudi sambil makan

Menurut Studi Lytex pada tahun 2014, makan saat mengemudi 3,6 kali lebih mungkin mengalami kecelakaan.

4] Tidak menggunakan lampu sein

Ketahuilah setiap tahun hampir 2 juta kecelakaan diakibatkan oleh pengemudi yang tidak menggunakan lampu sein.

5] Tidak memerhatikan kaca spion

Hal ini tentu menimbulkan risiko seperti mencelakakan pengendara lain. Saat mengemudi dianjurkan melihat kaca spion setiap 5 sampai 8 detik.

6] Ngebut

Ngebut menyebabkan puluhan ribu kematian setiap tahunnya di Amerika Serikat. Jagalah kecepatan demi mengurangi dampak lingkungan yang negatif.

7] Menelepon saat mengemudi

Meski ada pilihan Bluetooth yang memungkinkan untuk melakukan panggilan handsfree, tapi bisa mengalihkan fokus saat mengemudi.

8] Tidak mematuhi rambu lalu lintas

Rambu lalu lintas bertugas memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan termasuk pengemudi.

9] Tailgating

Tailgating adalah tindakan mengikuti kendaraan di depan dengan jarak terlalu dekat, misalnya kurang dari 2 detik di belakang. [][teks @pohanpow/tips.life | foto instanttagspa.com, Digital Trends]