}
Durian, Si Raja Buah yang Kontroversial
Fakta

Durian, Si Raja Buah yang Kontroversial

by Intern 2
Fri, 27-Oct-2017

Durian? Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini?

Buah yang dinobatkan sebagai "King of Fruit" atau "raja segala buah" [entah siapa yang menobatkan], ternyata berasal dari Asia. 

Durian mempunyai segudang manfaat, sehingga banyak orang yang 'ngefans' dengan buah satu ini, namun di balik itu ternyata ada juga 'haters' yang membenci si raja buah ....

Mengapa demikian? Kita ulas manfaat dan bahayanya durian, sehingga mempunyai penggila dan pembenci.

1. Kandungan Nutrisi Segudang

Ya, durian memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak tak jenuh, vitamin B dan C, magnesium, fosfor, kalium, thiamin, polyfenhol, omega 3 dan 6, plus antioksidan, sehingga banyak khasiatnya.

2. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Durian memiliki zat phytonutrient, yang bekerja menghambat sel-sel kanker. Selain itu ada antioksidan dan folifenol. 

3. Meningkatkan Sistem Imunitas dalam Tubuh

Nah, banyaknya vitamin C dalam buah ini dapat memberikan kolagen pada kulit dan isistem imun. Selain itu, zat fitonutrien tadi juga dapat menjadi "imun cadangan", yang dapat menangkal penyakit seperti sel-sel kanker yang dijelaskna sebelumnya

4. Depresi? Bisa Hilang Kok..

Zat Triptofan mampu memberikan ketenangan suasana hati ketika depresi, dan durian punya zat itu.

5. Sumber Energi

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada durin cocok bagi yang ingin diet, karena satu porsi buah dapat mencakup 20% kebutuhan karbohidrat perhari. Atlet yang membutuhkan tenaga tak jarang memakan buah ini.

6. Kaya Serat

Setiap porsi buah durian memiliki 9 gram serat yang cukup memenuhi kebutuhan serat tiap hari.

7. Mencegah Anemia

Banyaknya kadar zat besi, tembaga, dan folat dapat membentuk hemoglobin.

8. Say Goodbye to Migrain

Zat riboflavin [B2] dalam durian mampu mengatasi penyakit migrain, menurut riset Department of Neurology of Humboldt University of Berlin.

Dari kelebihan buah durian di atas, jadi kepengin makan durian sebanyak-banyaknya ya? Tapi, nanti dulu. Buah durian ternyata memiliki kekurangan alias dampak negatifnya juga seperti:

1. Risiko Diabetes

Bagi yang mempunyai risiko diabetes, jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini. Karena kadar glukosanya yang tinggi bisa mengakibatkan naiknya gula darah.

2. Naiknya Berat Badan

Dari 1 kg buah durian mengandung 1.350 kalori. Jadi mengonsumsi 1 kg durian saja sudah menambah 68% kalori yang dibutuhkan tubuh.

3. Penyempitan Pembuluh Darah

Alkohol yang terkandung dalam durian dapat memicu penyempitan pembuluh darah, dan pada akhirnya menyebabkan stroke.

4. Gangguan Ginjal

Durian mengandung senyawa ethanol, sulfur, dan methanol, membuat ginjal harus bekerja keras menguraikan senyawa ini. Jika penikmat durian sudah ada gangguan ginjal, ditakutkan akan lebih parah jika memakan banyak buah durian.

5. Dapat Menyebabkan Kematian pada Penderita Hipertensi

Senyawa alkohol yang ada dalam durian dapat menaikkan tekanan darah dan memicu jantung berdetak lebih cepat lagi hingga timbul serangan jantung.

Yah begitulah enak dan enggaknya si raja buah. Masih pada mau memakannya? Boleh-boleh saja sih. Namun jangan berlebihan juga ya. [][teks @apra_manuela l foto thespruce.com, papasemar.com]