}
Penemuan Kuno Tak Termakan Zaman
Fakta

Penemuan Kuno Tak Termakan Zaman

by Intern 2
Thu, 09-Nov-2017

Kita flashback dulu yuk Commuters! Karena flashback tak selamanya kelam.

Jauh beribu-ribu tahun lalu, manusia telah menyukai ilmu pengetahuan dan mengenai kebijaksanaan. Mereka menjadi ilmuan ternama, yang mempelopori kemajuan yang dipakai oleh manusia di bumi hingga saat ini. Luar biasa ya!

Nah, seiring perkembangan zaman, penemuan zaman kuno yang ditemukan pendahulu kita diriset kembali, dan yang pastinya mendapatkan kemajuan untuk kemudahaan bagi banyak orang. Namun, commuters, tahu nggak penemuan apa yang sebenarnya sudah ada sejak zaman baheula? Kita ulas yuk.

1. Pemerintahan Demokrasi

etc.ancient.eu

Demokrasi atau 'demokratia' dalam Bahasa Yunani, merupakan konsep pemerintahan kedaulatan rakyat yang konsep awalnya dimulai tahun 509SM oleh Cleisthenes, penguasa negara Yunani-Kota Athena. Bentuk pemerintahan rakyat ini terdiri dari tiga lembaga yang terpisah: ekklesia, atau majelis, yang menulis undang-undang dan mendikte kebijakan luar negeri; boule, dewan perwakilan yang dipilih dari berbagai suku Athena; dan dikasteria, sistem pengadilan yang populer. 

2. Marathon

history.com

Jadi ceritanya, pada tahun 490 SM, seorang tentara Yunani berlari dari Marathon ke Athena, yang berjarak lebih dari 26 mil, untuk membawa berita tentang kemenangan Athena atas Persia dalam Pertempuran Marathon. Namun, setelah memberitakan kabar baik itu, prajurit yang namanya Pheidippidies meninggal. Nah, jauh pada masa berikutnya, diadakan marathon modern dalam perhelatan olahraga internasional, Olimpiade yang baru kembali di Athena pada tahun 1896 dan dimenangkan pelari Yunani, Spyridon Louis.

3. Beton

history.com

Nah, kalau nggak ada beton ataupun semen, nggak bakalan ada deh rumah dengan tembok kuat seperti sekarang ini. Dulunya, semen atau beton awal ditemukan oleh Bangsa Romawi. Semen mula-mula itu awalnya menggunakan batu kapur dengan abu vulkanik dan akhirnya membentuk mortar. Meskipun semen Romawi belum terlalu kuat seperti 'zaman now',  ternyata bangunan seperti pilar, dan Colosseum terbukti masih berdiri kok.

4. Praktik Kedokteran

etc.ancient.eu

Nggak ada dokter, yang sakit tidak akan terurus dengan baik. Setidaknya, berterimakasihlah kepada Opa Hippokrates, karena beliau merupakan tokoh kedokteran terkemuka sampai saat ini. Orang zaman dahulu mengira bahwa penyakit itu datang karena hukuman dari dewa-dewa. Namun Hippokrates menolak bahwa penyakit bisa datang dari diri manusia sendiri, dan gejala suatu penyakit disebabkan oleh reaksi alami tubuh terhadap penyakit. 

5. Kosmetik

history.com

Orang Mesir Kuno ternyata sudah mengetahui lebih dulu mengenai kosmetik, terutama di bagian mata. Pernah liat nggak film yang ada Cleopatra? Fokus ke matanya dong ya, jangan ke Cleopatra-nya. Zaman Mesir Kuno, baik laki-laki maupun perempuan memakai eyeliner, dengan tujuan terlindung dari sinar matahari. 

6. Odometer 

etc.ancient.eu

Ternyata alat pengukur jarak sudah ditemukan ribuan tahun silam. Memang saat ini odometer sudah digital. Namun, dahulunya odometer ini masih berupa mekanis, dan berkembang menjadi elektro mekanis seiring perkembangan teknologi. 

7. Cabang Geometri

etc.ancient.eu

Geometri merupakan cabang matematika tertua. Hales dari Miletus, yang dianggap sebagai Bapak Geometri membentuk sejumlah aksioma dan peraturan yang didasarkan pada penalaran [disebut kebenaran matematika] pada abad ke 6 SM. Lalu ada Pythagoras, Euclid, dan Archimedes, yang aksioma dan peraturan geometrisnya masih diajarkan di sekolah hingga hari ini.  Setidaknya itulah penemuan kuno yang sampai saat ini masih kita gunakan. So, Commuters jangan sesekali melupakan sejarah ya! [][teks @apra_manuela l foto citywonders.com, history.com]