}
Racun ini Ada di Sekitar Kita
Fakta

Racun ini Ada di Sekitar Kita

by Intern 2
Fri, 08-Dec-2017

Dalam dosis tertentu, racun dapat amat sangat mematikan. Tapi tahukah Commuters, makanan di sekitar kita pun mengandung racun, walau dosisnya tidak besar. Apa saja? Simak yuk..

1. Biji Apel

Pernah nggak tergigit atau nggak sengaja mengunyah biji apel? Kalau sesekali sih nggak masalah. Kalau keseringan, kita bisa keracunan juga. Pasalnya, biji apel mengandung cyanogenic glycoside yang kalau dikunyah mengeluarkan zat hidrogen sianida. Pada 1 gram biji apel mengandung sianida sekitar 3 miligram. Dengan kata lain, 1 bijinya memiliki kadar zat mematikan itu hampir 0,7 gram. Zat sianida akan keluar jika bijinya terkelupas. Jadi jangan digigit bijinya, ya. Atau, mungkin ini yang membuat Putih Salju tertidur ya?

2. Biji Ceri

Buah ceri ternyata memiliki biji yang mengandung zat sianida. Satu buah ceri memiliki 0.17 gram sianida dalam bijinya. Nah, disarankan makan buahnya saja ya, jangan bijinya.

3. Kacang Merah

Racun yang ada pada kacang merah disebut fitohemaglutinin [phytohaemagglutinin], yang termasuk golongan lektin. Keracunan terjadi jika kacang merah tidak dimasak dengan sempurna. Gejala yang ditimbulkan antara lain adalah mual, muntah, dan nyeri perut yang diikuti diare. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya keracunan akibat konsumsi kacang merah, sebaiknya kacang merah mentah direndam dalam air bersih selama minimal 5 jam, air rendamannya dibuang, lalu direbus dalam air bersih sampai mendidih selama 10 menit, lalu didiamkan selama 45-60 menit sampai teksturnya lembut.

4. Ikan Fugu

Ikan Fugu bagi beberapa orang sangat lezat untuk disantap, khususnya masyarakat Jepang. Tapi, jika fugu tidak dipersiapkan dengan baik dan benar, zat tetrodotoxin dalam hati ikan ini akan termakan penyantapnya. Zat ini akan mengebaskan indra perasa, kemudian peraba, secara perlahan-lahan penyantap yang keracunan tidak bisa bernafas kemudian mati perlahan-lahan.

5. Jamur

Jangan sampai salah pilih jamur untuk dikonsumsi, ya. Karena jamur liar sebenarnya juga ada yang bisa dikonsumsi. Ciri-ciri orang yang keracunan jamur adalah berhalusinasi, mual, muntah dan diare, dan bisa menyebabkan kematian. Untuk yang keracunan sebaiknya banyak minum agar tidak dehidrasi, dan segera ke dokter.

Kelima makanan di atas memang mengandung racun, namun masih sangat aman dimakan jika mengikuti petunjuk yang diberikan, dan jangan lupa jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan ya Commuters. Berlebihan itu tidak baik lho! [][teks @apra_manuela/beberapa sumber l foto hellosehat.com, pxhere.com]