}
Merah Meriah Imlek
Fakta

Merah Meriah Imlek

by Yogira
Fri, 16-Feb-2018

Siapa sih nggak tahu perayaan Imlek? Pastinya, setiap tahun kita ikut menikmati hari liburnya juga nuansa kemeriahannya.



Imlek selalu tampak meriah, terutama di kota besar. Dari mulai kelenteng, lampion, hiasan, dan atribut lainnya didominasi warna merah.

Lantas, mengapa ya pilhannya warna merah? Bagi orang Tionghoa, merah banyak maknanya sesuai dengan falsafah kehidupannya.




Menurut tradisinya, merah bisa membawa keberuntungan. Jika rumah, kelenteng, dan dekorasi berwarna merah, itu bisa membawa kebahagiaan. Warna merah juga mewakili elemen api, yang bersifat panas, namun harus tetap ada sebagai energi penerang kehidupan.




Ada pula yang percaya bahwa warna merah bisa mengusir makhluk buas bernama Nian, yang akan takut terhadap warna tersebut. Maka, tak heran, ketika Imlek di kelenteng, orang Tionghoa yang sembahyang dan berdoa di sana akan merasa aman dengan energy merah.

Selain meriah dengan segala hal yang merah, musim hujan pun jadi penentu tandanya Imlek. Itu artinya hujan jadi perlambang kesuburan. [][teks & foto @yogirudiat]