Mengapa 1 Juni Hari Lahir Pancasila?
Fakta

Mengapa 1 Juni Hari Lahir Pancasila?

by Yogira
Thu, 28-May-2015

Keterlaluan deh kalau kamu nggak kenal Pancasila. Mending pindah negara saja. Soalnya, Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia. Lebih keramat dari merek gadget maupun band favoritmu.

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. Panca, artinya lima, dan sila bermakna prinsip/asas. Jadi, tak heran, Pancasila itu ada 5 dasar pedoman berbangsa dan bernegara. Hapal ‘kan semua silanya?  

Bikin Pancasila tentu tak segampang bikin nasi goreng. Ada proses panjang pemikiran dan perdebatan untuk membidani sekaligus melahirkannya.

Pancasila lahir pada 1 Juni 1945 ketika Ir. Soekarno mengajukan usul mengenai calon dasar negara Indonesia, yang saat itu memang belum resmi diproklamasikan. Usul pedoman dari Soekarno tersebut adalah: 1. Nasionalisme [Kebangsaan Indonesia]; 2. Internasionalisme [Perikemanusiaan]; 3. Mufakat atau Demokrasi; 4. Kesejahteraan Sosial; 5. Ketuhanan yang Berkebudayaan.

Sebelumnya, pada 29 Mei 1945, Muhammad Yamin sudah merumuskannya bersama Soekarno.  Perumusan dasar negara itu mendesak karena Jepang akan segera pulang kampung dari Indonesia karena kalah dari Sekutu. Maka dibentuklah Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia [BPUKI] sebagai cikal bakal perumusan Pancasila. Yang merumuskan Pancasila dikenal dengan nama Panitia Sembilan, yakni: Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, Mohammad Yamin, Wahid Hasjim, Abdoel Kahar Moezakir, Abikusno Tjokrosujono, Agus Salim, dan Alexander Andries Maramis.

Setelah sepakat Panitia Sembilan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, para tokoh dan aktivis pemuda mendesak Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945. [][teks @firza/berbagai sumber | foto ommyurhiyashi.wordpress.com/ ridwansyahyusufachmad.wordpress.com]