}
Ini Tanda Kamu Workaholic
Fakta

Ini Tanda Kamu Workaholic

by Intern
Wed, 04-Apr-2018

Commuters pernah merasa selalu penuh dengan pekerjaan setiap waktu? Atau mungkin kamu merasa 24 jam untuk bekerja tidak pernah cukup? Wah, hati-hati Commuters.. Jangan-jangan kamu ini seorang workaholic.

Workaholic merupakan suatu kondisi seseorang yang mementingkan pekerjaan secara berlebihan dan melalaikan aspek kehidupan yang lain. Bekerja memang baik, tapi kalau hidupmu dihabiskan hanya untuk pekerjaan kantor, lebih nggak baik nih.

Seorang psikolog, Brad Lontz, Psy.D. mengatakan bahwa gejala workaholic memiliki tanda-tanda yang serupa layaknya kecanduan pada umumnya. Salah satu candu yang dirasakan adalah mereka selalu merasa waktu kerja yang diberikan masih belum cukup. Yuk kenali tanda-tandanya...

1. Mengerjakan tugas dengan tergesa-gesa untuk hal yang tidak jelas.

Selalu ingin mengerjakan satu tugas dengan cepat, untuk dapat mengerjakan tugas lainnya. Kamu merasakan hal ini? Yuuk mulai sekarang selesaikan tugas tanpa terburu-buru yaa..

2. Tidak memiliki waktu untuk berkata “Stop” pada pekerjaanmu

Jika sudah menjadi workaholic, biasanya terus menyemangati sendiri. Bekerja hingga sangat kelelahan, kemudian kembali mencoba bekerja dalam volume yang tinggi.

3. Memfokuskan seluruh tenagamu untuk pekerjaan sepanjang waktu

Tenaga yang kamu miliki seluruhnya untuk pekerjaan, hingga kadang merasa kelelahan dengan hal-hal yang tidak bermanfaat. Ingat, tenagamu juga dibutuhkan untuk melakukan aktivitas selain bekerja.

4. Mengabaikan waktu luang, waktu berkumpul dengan keluarga dan teman, bahkan waktu tidur

Ini salah satu tanda workaholic pada umumnya. Waktu luang akan diisi dengan bekerja, begitu juga dengan waktu berkumpul dengan keluarga atau teman, bahkan waktu untuk tidur. Seorang workaholic akan sulit untuk fokus karena selalu memikirkan pekerjaannya.

5. Stres saat tidak bekerja

Kamu merasa stres saat sedang luang? Waah, hati-hati Commuters. Kecanduan bekerja bisa membuat kita sulit bahagia lho.

6. Tidak pernah puas dengan hasil pekerjaan

Kerja lagi dan lagi, sampai kamu nggak tahu lagi kapan harus berhenti atau kapan harus merasa puas dengan pekerjaan yang kita lakukan.

7. Melalaikan kondisi tubuh

Tanda paling bahaya untuk seorang workaholic adalah menyepelekan kesehatan. Jangan sampai merugikan diri sendiri lho Commuters, Karena yang dipikirkan cuma kerja dan kerja, seorang workaholic bahkan nggak sadar kalau tubuhnya butuh rehat ketika sakit.

Nah itu adalah beberapa tanda seorang workaholic. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika ya, segera benahi dirimu agar pekerjaanmu lebih membuahkan. [][teks @syahrima | foto pexels.com]