}
Dallol, Tempat Terpanas Dunia
Fakta

Dallol, Tempat Terpanas Dunia

by Yogira
Mon, 01-Jun-2015

Sejak pertengahan April, gelombang panas yang bisa mencapai 50 derajat Celcius melanda beberapa kawasan di India. Akibatnya, lebih dari 1.000 orang tewas akibat tak tahan dengan hawa panas. Suhu panas di India diprediksi akan normal kembali pada awal Juni. Gimana kalo suhu panas seperti itu berlangsung terus-menerus? Bisa gawat ya.

Kalo berani, datanglah ke Dallol di Ethopia, Afrika. Di sana, suhu panas tinggi tidak bersifat sementara tapi relatif stabil alias ya, suhunya terus menerus bisa konstan, antara 34-41 derajat Celcius. Itulah  alasannya Dallo dianggap lokasi terpanas di bumi ini. Di India sempat suhunya 50 derajat Celcius. Tapi itu 'kan hanya sementara. Beda dengan Dallo. Suhu terpanasnya rutin setiap hari.

Saking suhunya sangat panas, antara tahun 1960-1966, Dallol tercatat sebagai daerah terpencil di dunia. Namun sekarang, ada sebagian kecil orang yang datang, tapi harus menunggang unta.

Pada abad ke-20, sejumlah perusahaan dari Amerika, India, dan Italia membangun tambang di kawasan Dallol. Namun karena kontur tanahnya berbahaya dan beracun, akhirnya proyek mereka tak berlanjut.

Dallol yang terletak di Depresi Danakil, di Timur Laut Ethopia terbentuk dari letusan gunung berapi tahun 1926. Kawasan ini kaya akan belerang, gas alam dan garam.

Meski daerah berbahaya dan beracun, Dallol memiliki pemandangan indah yang unik dan khas. Kawah dan daratannya  berwarna perpaduan hijau, kuning, dan merah. Ingin ke sana? Hati-hati tubuh gosong seperti roti bakar. [][teks @firza | sumber & foto all-that-is-interesting.com]