}
Anggur Laut: Renyah dan Lembut Seperti Telur Ikan
Fakta

Anggur Laut: Renyah dan Lembut Seperti Telur Ikan

by Intern
Tue, 24-Jul-2018

Commuters, pasti tahu buah anggur kan? Buah berbentuk bulat kecil ini memiliki perpaduan rasa manis asam dengan berbagai jenis warna seperti merah, ungu, dan hijau. Namun, apakah Commuters tahu nama anggur laut? Kalau belum tahu, yuk simak ulasan LINIKINI mengenai anggur laut!

Anggur laut atau yang memiliki nama latin Caulerpa lentillifera merupakan jenis rumput laut yang masuk dalam kelompok ganggang hijau. Diberi nama anggur laut karena bentuk fisik yang menyerupai buah anggur pada umumnya. 

Anggur laut memiliki warna hijau gelap hingga terang. Varian rumput laut yang mulai dibudidayakan di beberapa negara ini tumbuh di perairan tropis dan subtropis. Dalam Bahasa Inggris, anggur laut disebut sebagai ‘green caviar’ atau caviar hijau karena bentuknya yang seperti telur ikan.

Tekstur dan Rasa Anggur Laut

Anggur laut memiliki tekstur yang renyah dan lembut. Ketika di dalam mulut, rasanya seperti mengunyah telur ikan. Beberapa orang mengatakan bahwa rasanya sedikit pedas namun segar seperti mentimun.

Memiliki Nama dan Penyajian Unik di Setiap Negara

Di Okinawa, Jepang, anggur laut disebut sebagai ‘umi-budo’. Orang Jepang biasanya mengonsumsi anggur laut mentah bersama dengan kecap, cuka, atau wasabi. Selain itu, mereka juga menyajikan anggur laut sebagai hiasan di atas sushi, sashimi, dan campuran salad. Di Okinawa, kalian juga bisa merasakan es krim anggur laut lho, Commuters!

Lain halnya di Filipina, mereka menyebutnya sebagai ‘arosep’ atau ‘lato’. Setelah dicuci dalam air bersih, anggur laut dicampur dengan bawang merah mentah cincang serta tomat segar kemudian disiram dengan campuran bagoong [pasta ikan] dan cuka.

Sementara itu di Sabah, Malaysia, anggur laut merupakan hidangan populer yang dikenal sebagai ‘latok’. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesia, anggur laut memiliki banyak julukan seperti ‘lawi-lawi’ [Sulawesi] dan ‘latoh’ [Lombok]. Masyarakat Sulawesi biasnya menyantap lawi-lawi sebagai lalapan atau diolah menjadi berbagai jenis masakan khas daerah setempat.

Kaya Manfaat, Kandungan Mineral, dan Vitamin

Selain nikmat untuk di konsumsi, dari sisi kesehatan, anggur laut memiliki sifat anti bakteri dan jamur. Hal itu baik untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan penderita rematik. Kandungan mineral dan vitamin yang tinggi membuat anggur laut sangat bergizi serta rendah kalori.

Karena memiliki banyak manfaat, saat ini anggur laut sudah mulai dibudidayakan. Jepang, Filipina, dan Indonesia adalah beberapa negara yang mulai membudidayakan anggur laut. Setelah dipanen, biasanya anggur laut segera dikemas dalam air asin. [][teks @amuspitasari | foto thecolorclub.dk & favy-jp.com]